Koperasi di Gunung Mas didorong tingkatkan SDM pengurus dan anggota

id Koperasi di Gunung Mas didorong tingkatkan SDM pengurus dan anggota,Koperasi,Gunung Mas

Koperasi di Gunung Mas didorong tingkatkan SDM pengurus dan anggota

Kepala Distransnakop dan UKM Gunung Mas Letus Guntur (tiga dari kanan) bersama pengurus Dekopinda Gunung Mas dan lainnya saat menghadiri Harkopnas di Purwokerto Jawa Tengah, Jumat (12/7/2019). (Foto Distransnakop dan UKM Gumas)

Kuala Kurun (ANTARA) - Kepala Dinas Transmigrasi, Tenaga Kerja, Koperasi dan UKM Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah Letus Guntur meminta koperasi di daerah itu mengalokasikan dana guna meningkatkan sumber daya manusia pengurus dan anggota.

“Koperasi, khususnya yang memiliki kerjasama dengan perusahaan besar swasta (PBS) saya minta untuk mengalokasikan dana bagi peningkatan SDM pengurus dan anggotanya,” ucap Letus saat dihubungi dari Kuala Kurun, Minggu.

Dikatakan, peningkatan SDM pengurus dan anggota koperasi perlu dilakukan, untuk menghadapi era revolusi industri 4.0 karena semua akan berbasis teknologi informasi. Melalui peningkatan SDM, diharapkan koperasi bisa kreatif dan inovatif menghadapi revolusi industri 4.0.

Saat ini, lanjut Letus, koperasi yang ada di kabupaten bermotto Habangkalan Penyang Karuhei Tatau berjumlah 240. Dari jumlah tersebut, ada 206 yang aktif, sedangkan sisanya sebanyak 36 koperasi tidak aktif.

Dia pun berpesan kepada koperasi untuk melaksanakan rapat anggota tahunan (RAT) secara rutin dan tepat waktu. Jika koperasi tidak melaksanakan RAT dalam dua tahun berturut-turut, maka akan diusulkan untuk dibubarkan.

“Jika koperasi tidak melakukan RAT dalam dua tahun berturut-turut, terpaksa kami usulkan kepada Kementerian Koperasi dan UMKM untuk dibubarkan. Koperasi juga wajib menyampaikan laporan perkembangan per bulan, triwulan dan semester,” bebernya.

Disamping itu, dia juga mengimbau kepada koperasi di Kabupaten Gunung Mas agar membuka unit usaha  selain yang bersifat produk, dengan bekerjasama dengan mitra seperti PBS yang bergerak di bidang perkebunan sawit.

Sejauh ini, pihaknya terus melakukan pembinaan kepada koperasi agar dapat maju dan berkembang, antara lain dengan melakukan bimbingan teknis pengelolaan laporan keuangan, pengawasan pelaksanaan pembukuan administrasi dan menghadiri RAT.

Distransnakop dan UKM Kabupaten Gunung Mas bersama Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kabupaten Gunung Mas juga menghadiri Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) yang dilaksanakan di Purwokerto Jawa Tengah pada 11 hingga 14 Juli 2019.

“Saya harap kedepan seluruh koperasi yang ada di wilayah ini dapat semakin maju dan berkembang, serta turut berperan dan ambil bagian dalam membangun Kabupaten Gunung Mas tercinta,” demikian Letus.