Sektor Kominfosantik dinilai strategis dalam pembangunan di Kalteng

id Pemprov kalteng, pemerintah provinsi, kalimantan tengah, kominfo, diskominfo, kominfosantik, herson b aden, gubernur, sugianto sabran, fahrizal fitri

Sektor Kominfosantik dinilai strategis dalam pembangunan di Kalteng

Asisten II Setda Kalteng Nurul Edy saat membuka rakor teknis bidang Kominfosantik se-Kalteng di Palangka Raya, Kamis, (25/7/2019). (Foto Humas Pemprov Kalteng)

Palangka Raya (ANTARA) - Sektor komunikasi, informatika, persandian dan statistik (Kominfosantik) dinilai memiliki fungsi strategis dalam pelaksanaan pembangunan di Kalteng, yakni berupa pemantapan tata kelola yang profesional, adil dan anti korupsi.

"Pemantapan dimaksud tentu melalui pemanfaatan teknologi dan informasi berbasis elektronik yang merupakan tugas pokok serta fungsi dari instansi yang berkaitan dengan informasi publik," kata Sekretaris Daerah Kalteng Fahrizal Fitri dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten II Setda Kalteng Nurul Edy di Palangka Raya, Kamis.

Saat ini telah dikembangkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang bertujuan agar penyelenggaraan pemerintahan, bisa terlaksana secara modern, transparan dan akuntabel, hingga pada akhirnya fungsi kontrol masyarakat semakin kuat.

Menurutnya, kemajuan peradaban sebuah negara maupun daerah, selain dilihat dari perkembangan serta ketersediaan infrastruktur, juga ditentukan oleh penguasaan teknologi informasi. Hal itu merupakan suatu keharusan dan kebutuhan mutlak dalam menghadapi era kompetitif saat ini.

"Dunia sudah tanpa batas, informasi melesat begitu cepat, bahkan lebih cepat dari lajunya anak panah yang dilepaskan dari busurnya," paparnya di sela kegiatan rapat koordinasi teknis bidang Kominfosantik se-Kalteng tahun 2019.

Teknologi informasi merupakan daya ungkit utama dalam kemajuan peradaban dunia. Untuk itu sudah seharusnya kemajuan teknologi informasi, dimanfaatkan secara maksimal dalam upaya menciptakan pemerintahan yang bersih, kuat, transparan serta berkeadilan, sebagai jembatan yang efektif bagi pemerintah untuk melayani rakyatnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfosantik Kalteng Herson B Aden menjelaskan, dilaksanakannya rakor teknis se-Kalteng tersebut, adalah untuk menyatukan pemahaman tentang konsep serta implementasi dari smart city pada kabupaten/kota.

"Kemudian juga untuk meningkatkan pemahaman terhadap dukungan sektor lain, dalam mewujudkan smart province," tegasnya kepada Antara Kalteng.

Lebih lanjut ia menjabarkan, hal lainnya yang tidak kalah penting, yakni mengoptimalkan peran maupun fungsi dari sektor Kominfosantik dalam mewujudkan visi pembangunan 2016-2021 menuju Kalteng yang bermartabat, elok, religius, kuat, amanah dan harmonis (Berkah).