Pemprov dorong pemkab realisasikan Lamandau Juara

id Pemprov Kalteng, pemerintah provinsi, kalteng, kalimantan tengah, lamandau, nanga bulik, hari jadi, wakil gubernur, wagub, habib ismail

Wakil Gubernur Kalteng Habib Ismail bin Yahya (kanan) menyerahkan voucher bantuan dana pembangunan penyelenggaraan pendidikan kepada Bupati Lamandau Hendra Lesmana, saat puncak peringatan hari jadi ke-17 tahun Lamandau di Nanga Bulik, Rabu. (Foto Antara Kalteng/Muhammad Arif Hidayat)

Nanga Bulik (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah mendorong Pemerintah Kabupaten Lamandau, untuk bisa mewujudkan Lamandau Juara, yakni jujur, adil, religius dan aman, melalui peningkatan kinerja pada seluruh lini.

"Momentum peringatan hari jadi kabupaten ke-17 tahun, harus bisa menjadi semangat baru guna mewujudkan percepatan pembangunan," kata Wakil Gubernur Kalteng Habib Ismail bin Yahya di Nanga Bulik, Rabu.

Untuk itu pemprov dan pemkab harus bisa bersinergi dalam pembangunan, khususnya pada bidang infrastruktur, pendidikan, kesehatan dan ekonomi dalam arti luas, sesuai prioritas pembangunan Kalteng saat ini.

Pada pembangunan infrastruktur, pemprov telah menyiapkan anggaran, guna dilaksanakannya peningkatan ataupun perbaikan jalan, jembatan serta rumah ibadah. Hingga pada akhirnya, bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat secara langsung, utamanya peningkatan kesejahteraan.

Kemudian juga diberikan bantuan dana pembangunan penyelenggaraan pendidikan tahun anggaran 2019, sebesar Rp21 miliar lebih. Diantaranya, berupa Dana Alokasi Khusus fisik serta Bantuan Operasional Sekolah untuk sejumlah sekolah.

Lebih lanjut, Habib mengungkapkan, pihaknya juga mengapresiasi berbagai capaian prestasi yang berhasil diraih pemkab selama ini. Seperti raihan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI sebanyak enam kali berturut-turut, sejak tahun 2013.

Kemudian tertib dan tepat waktu dalam penyampaian Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD), hingga meraih penghargaan peduli hak asasi manusia (HAM) tahun 2018.

"Serta tentunya penghargaan yang baru saja diterima, yakni predikat Kabupaten Layak Anak (KLA) dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI," jelasnya di sela upacara peringatan hari jadi Lamandau.

Prestasi itu sangat membanggakan, sebab di Kalteng baru berhasil diraih oleh dua kabupaten, yakni Lamandau dan Katingan. Hendaknya, capaian itu bisa diikuti oleh kabupaten dan kota lainnya, sehingga bisa terwujud Provila, yakni Provinsi Layak Anak di Kalteng.
 

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar