Hanya 24 anggota DPRD Barito Timur yang dilantik Rabu

id Hanya 24 anggota DPRD Barito Timur yang dilantik Rabu,DPRD Bartim,Pemilu,Pelantikan

Sekretaris DPRD Barito Timur Yuliantara. (Foto Antara Kalteng/Habibullah)

Tamiang Layang (ANTARA) - Pelantikan 24 dari 25 orang anggota terpilih DPRD Kabupaten Barito Timur Kalimantan Tengah akan dilaksanakan pada Rabu (14/8) dan persiapan sudah dilakukan dengan baik.

"Dari 25 orang, hanya 24 orang yang dilantik bersamaan. Satu orang lainnya yakni H Rusli sedang cuti karena sedang melaksanakan ibadah ke Mekah. Jadi tidak mengikuti pelantikan," kata Sekretaris DPRD Barito Timur Yuliantara di Tamiang Layang, Senin.

Yuliantara mengatakan, persiapan pelantikan anggota DPRD Barito Timur untuk periode 2019-2024 sudah dilakukan. Kini tinggal pelaksanaan pelantikan dan diharapkan berjalan lancar.

Sebanyak 24 calon anggota DPRD Barito Timur dalam kondisi siap dilantik. Pelantikan susulan dilaksanakan setelah H Rusli tiba di Barito Timur dan dalam kondisi siap untuk dilantik oleh Ketua DPRD Barito Timur yang baru.

"Hingga saat ini, pelantikan tetap dijadwalkan pada Rabu (14/08) lusa. Ini sesuai jadwal Badan Musyawarah dan pada hari itu bertepatan dengan berakhirnya masa jabatan anggota DPRD Barito Timur periode 2014-2019," kata Yuliantara.

Menurutnya, persiapan sudah dilakukan sejak awal Agustus 2019. Undangan segera disampaikan kepada semua instansi pemerintah dan masyarakat.

"Saat ini sudah ada yang ditugaskan untuk mengambil Surat Keputusan Gubernur Kalteng tentang pengangkatan anggota DPRD Barito Timur periode 2019-2024," kata mantan Kepala Dinas Pertanian itu.

Pengambilan sumpah dan janji jabatan anggota DPRD Barito Timur periode 2019-2024 akan dipimpin Ketua Pengadilan Negeri Tamiang Layang Maskur Hidayat.

Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas akan membacakan sambutan Gubernur Kalimantan Tengah H Sugianto Sabran di acara sidang paripurna istimewa pelantikan dan pengambilan sumpah dan janji anggota DPRD Barito Timur

Sementara itu, pengamanan pelantikan melibatkan TNI-Polri, Dinas Perhubungan dan Satuan Polisi Pamong Praja. Pengamanan dilakukan agar pelantikan berjalan tertib dan lancar.

Terpisah, Kapolres Barito Timur AKBP Zulham Effendy melalui Kabag Ops AKP Asdini Pratama Putra mengatakan, sedikitnya 40 personel yang diturunkan untuk pengamanan pada saat pelantikan anggota DPRD Barito Timur nanti.

"Sebelum pelantikan dimulai, ruang sidang paripurna akan dilakukan pengecekan secara khusus untuk memastikan bebas dari benda-benda berbahaya," kata taruna Akpol 2007 itu.

Asdini juga menegaskan, jika nanti ada keributan atau gangguan maka akan diterjunkan personel bahkan anggota Brimob yang sudah disiapkan di Mapolres Barito Timur.

Sebelumnya KPU Barito Timur menggelar pleno penetapan 25 calon terpilih anggota DPRD Barito Timur periode 2019-2024. Dari 25 anggota DPRD Barito Timur itu terdapat 10 wajah baru.

Wajah baru yang mengisi DPRD Barito Timur yakni Rina dan Roma Analta dari Partai Gerindra, Asmadi Ranji dan Nus Sulitio dari partai Golkar, Wahyudinnor dari Partai Kebangkitan Bangsa, Hadi Santoso dari Partai Nasdem, Winda Sari dan H Zain Alkim dari Perindo, H Ahmadi dari Partai Persatuan Pembangunan dan Rida Heriani dari Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia.

Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar