Mantap, Pemkab Kotim raih penghargaan BKN Award 2019

id Mantap, Pemkab Kotim raih penghargaan BKN Award 2019,Kotawaringin Timur,Kotim,Sampit,Badan kepegawaian

Mantap, Pemkab Kotim raih penghargaan BKN Award 2019

Kepala BKN Haria Bima Wibisana menyerahkan penghargaan BKN Award 2019 kepada Sekretaris Daerah Kotawaringin Halikinnor, Rabu (25/9/2019). ANTARA/HO-Setda Kotim

Sampit (ANTARA) - Prestasi membanggakan ditorehkan Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah dalam bidang kepegawaian dengan meraih penghargaan BKN Award 2019 dari Badan Kepegawaian Negara.

"Ini tentu menjadi sebuah kebanggaan dan kegembiraan bagi kita semua karena hanya sedikit daerah yang meraih prestasi nasional ini. Ini juga menjadi pengingat bagi kami di pemerintah kabupaten untuk terus melakukan perbaikan dan peningkatan," kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kotawaringin Timur Alang Arianto dihubungi dari Sampit, Rabu.

Penghargaan BKN Award 2019 diberikan kepada 30 kementerian/lembaga/daerah berprestasi yang dibagi pada lima kategori yakni kategori perencanaan kebutuhan, pelayanan pengadaan, kepangkatan dan pensiun, kategori implementasi SAPK dan pemanfaatan CAT, kategori penilaian kompetensi, kategori penilaian kinerja dan kategori komitmen pengawasan.

Penerima penghargaan terbagi pada
Kementerian, lembaga pemerintah nonkementerian, provinsi, kabupaten/kota tipe A, kabupaten/kota tipe B dan kabupaten/kota tipe C. Setiap kelompok terdiri dari enam penerima penghargaan dengan lima kategori yang ada.

Kabupaten Kotawaringin Timur meraih penghargaan pada kategori Komitmen Pengawasan tingkat kabupaten/kota tipe A. Untuk kelompok kabupaten/kota tipe A hanya ada dua daerah di Kalimantan yang meraih penghargaan yakni Kabupaten Kotawaringin Timur untuk kategori Komitmen Pengawasan dan Pemerintah Kota Balikpapan untuk kategori Penilaian Kompetensi.

Penganugerahan BKN Award 2019 dilaksanakan di Yogyakarta. Penghargaan diserahkan oleh Kepala Badan Kepegawaian Negara Haria Bima Wibisana kepada Sekretaris Daerah Kotawaringin Timur Halikinnor.

"Penghargaan ini terkait komitmen pengawasan dalam pembinaan ASN sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 11 tahun 2017 tentang Manajemen PNS. Juga terkait masalah ketaatan dalam norma, standar dan prosedur manajemen PNS," kata Alang.

Alang menyampaikan terima kasih atas arahan pimpinan dan dukungan semua pihak. Alang mengimbau seluruh pegawai pemerintahan untuk terus memperbaiki diri dan meningkatkan kinerja.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat Badan Kepegawaian Negara Mohammad Ridwan dalam siaran persnya mengatakan, penghargaan BKN Award 2019 diberikan kepada kementerian/lembaga/Daerah (K/L/D) dengan implementasi terbaik dalam pelaksanaan manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN), mulai dari aspek perencanaan kebutuhan sampai dengan pengawasan.
 
Ini merupakan tahun keempat sejak BKN Award diluncurkan pada tahun 2016 dengan tujuan untuk memacu kinerja semua pihak dalam melaksanakan 14 butir manajemen ASN.

Untuk itu, BKN yang diberikan kewenangan melakukan pembinaan dalam penyelenggaraan manajemen ASN secara nasional memberikan apresiasi kepada instansi  yang berhasil menjalankan masing-masing butir manajemen tersebut.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Kepala BKN Bima Haria Wibisana pada forum evaluasi pengelolaan manajamen kepegawaian se-Indonesia melalui Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepegawaian 2019 di Yogyakarta.

Sebanyak 30 instansi pemerintah yang melingkupi Kementerian, Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK), Pemerintah Provinsi, dan Pemerintah Kabupaten berhasil meraih menyabet penghargaan sebagai pelaksana manajemen ASN berdasarkan keunggulan di masing-masing kategori yang dinilai.

Mekanisme penilaian BKN Award 2019 diawali dengan proses pengusulan daftar instansi terbaik yang meliputi enam kandidat di setiap kategorinya yakni kementerian, lembaga pemerintah non kementerian yang dipilih oleh BKN pusat, sedangkan untuk provinsi, kabupaten/kota tipe A, kabupaten/kota tipe B dan kabupaten/kota tipe C dipilih oleh Kantor Regional BKN di wilayah kerjanya.


Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar