Logistik pilkades mulai distribusikan 1 Oktober, kata DSPMD Barsel

id Barito Selatan, Barsel, Pilkades di Barsel

Logistik pilkades mulai distribusikan 1 Oktober, kata DSPMD Barsel

Kepala Bidang Administrasi Pemerintahan Desa, dan Kelembagaan pada Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DSPMD) Barito Selatan Samsul Bahri (Kanan) didampingi Kasi Bina Administrasi Pemerintahan Desa, Albertus.(ANTARA/Bayu Ilmiawan).

Buntok (ANTARA) - Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah per 1 Oktober 2019 akan mulai mendistribusikan logistik pemilihan kepala desa serentak yang dilaksanakan pada 3 Oktober 2019.

"Logistik pilkades serentak berupa kotak, dan surat suara akan kita distribusikan pada Selasa, 1 Oktober 2019 ke 62 desa yang tersebar dienam kecamatan di daerah ini," kata Kepala Bidang Administrasi Pemerintahan Desa, dan Kelembagaan DSPMD Barsel Samsul Bahri di Buntok, Senin.

Dikatakan, bagi desa yang berada dibantaran sungai Barito lanjut dia, pendistribusiannya menggunakan speedboat, dan desa-desa yang berada di darat logistik pilkades akan didistribusikan menggunakan mobil.
Dalam Pendistribusian logistik kotak dan surat suara tersebut kata Samsul Bahri akan dikawal aparat keamanan dari Polres Barito Selatan, dan dari Polda Kalimantan Tengah.

"Dari berangkat sampai ke desa hingga ke pelaksanaan pemungutan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS), maupun dibawa kembali balik ke Buntok, akan dikawal aparat kepolisian, baik dari Polres maupun dari Polda Kalimantan Tengah," katanya didampingi Kasi Bina Administrasi Pemerintahan Desa Albertus.

Baca juga: Jumlah hotspot Di Barito Selatan berkurang 50 persen

Untuk saat ini, tahapan Pilkades serentak sudah memasuki tahapan masa tenang dari 30 September hingga 2 Oktober 2019, dan pihak panitia desa sedang mempersiapkan undangan kepada masyarakat untuk menghadiri Pilkades serentak yang akan dilaksanakan pada 3 Oktober 2019.

Dia pun mengimbau kepada panitia pilkades desa supaya bekerja sesuai dengan peraturan perundang undangan yang berlaku, dan kepada masyarakat di desa diminta agar jangan golput, karena pilkades ini demi kemajuan desanya masing-masing.

Baca juga: DPRD dan Pemkab Barsel sepakat Raperda APBD-P 2019 jadi Perda

Sebelumnya, Kapolres Barito Selatan AKBP Wahid Kurniawan menyampaikan, untuk mengamankan Pilkades serentak yang akan dilaksanakan pada 3 Oktober 2019, pihaknya menurunkan sebanyak 150 personil.

"Sebanyak 150 personel tersebut akan diturunkan di 128 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang berada di 62 desa," jelas Kapolres.

Sedangkan untuk pengamanan nantinya, satu personel akan menghandle 2 TPS hingga 5 Tempat Pemungutan Suara (TPS), termasuk mengawal dalam proses pendistribusian surat suaranya.

"Kami mengajak masyarakat Barito Selatan supaya turut serta dalam mendukung proses pilkades serentak periode 2019-2025," demikian Wahid.

Baca juga: Draf APBD-P Barito Selatan berubah, sidang paripurna nyaris batal
 

Pewarta :
Uploader : Admin 3
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar