Masyarakat Kahayan Hulu Utara diminta kembali bersatu

id DPRD Kabupaten Gunung Mas,Gumer ,Masyarakat Kahayan Hulu Utara diminta kembali bersatu

Masyarakat Kahayan Hulu Utara diminta kembali bersatu

Ketua sementara DPRD Kabupaten Gunung Mas Gumer (kanan) dan lainnya saat mengikuti Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, di halaman kantor bupati, Selasa (1/10/2019). (ANTARA/Chandra)

Kuala Kurun (ANTARA) - Ketua sementara DPRD Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah Gumer mengajak masyarakat Kecamatan Kahayan Hulu Utara agar kembali bersatu, usai pemilihan anggota badan permusyawaratan desa.

“Keanggotaan BPD se Kecamatan Kahayan Hulu Utara baru saja diresmikan. Saya harap masyarakat dapat kembali bersatu, karena seluruh tahapan pemilihan BPD sudah selesai dilakukan,” ucapnya saat dibincangi di Kuala Kurun, Selasa.

Legislator yang berasal dari daerah pemilihan III yang meliputi Kecamatan Tewah, Kahayan Hulu Utara, Miri Manasa dan Damang Batu ini menyebut, selama proses pemilihan BPD tentu muncul perbedaan pilihan dan dukungan di tengah masyarakat.

Akan tetapi, lanjut dia, perbedaan pilihan dan dukungan tersebut harus segera disingkirkan, mengingat seluruh proses pemilihan BPD telah selesai dan mereka yang terpilih juga sudah diresmikan keanggotaannya.

“BPD yang terpilih harus dapat merangkul seluruh masyarakat di desa. Tidak ada lagi blok atau kubu-kubu, sekarang saatnya bersatu untuk membangun desa,” tutur politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ini.

Dia mengingatkan, jangan sampai masyarakat masih terbagi menjadi beberapa kubu, karena itu hanya akan menghambat roda pemerintahan dan pembangunan desa, yang malah merugikan masyarakat itu sendiri.

Pria kelahiran Desa Parempei, Kecamatan Rungan, Kabupaten Gumas ini mengatakan, dalam membangun desa diperlukan koordinasi yang baik antara BPD dan pemerintah desa, dalam hal ini kepala desa dan perangkatnya.

BPD diminta untuk segera mempelajari aturan-aturan terkait desa, serta mengetahui apa yang menjadi hak dan kewajiban sebagai anggota BPD. Itu semua agar roda pemerintahan desa dapat berjalan baik.

Yang tak kalah penting, sambung dia, BPD harus dapat menjalin komunikasi yang baik dengan kades dan perangkatnya, saling terbuka, memberi masukan yang membangun, demi kemajuan desa dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“BPD dan pemerintah desa jangan saling lapor, gontok-gontokan, atau memaksakan kehendak. Itu semua demi kemajuan desa. Maju atau tidaknya desa tergantung dari kades dan BPD,” demikian Gumer.

Pewarta :
Uploader : Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar