Barito Utara ikuti Ikrar Bersama Anak Bangsa se-Kalteng

id kontingen barito utara,hari sumpah pemuda,ikrar bersama anak bangsa,tingkat kalteng ,lamandau

Barito Utara ikuti Ikrar Bersama Anak Bangsa se-Kalteng

Wakil Bupati Sugianto Panala Putra foto bersama pejabat saat melepas kontingen Barito Utara untuk mengikuti hari Sumpah Pemuda dan IBAB se-Kalteng di Nanga Bulik Kabupaten Lamandau pada 28 Oktober 2019 di halaman kantor bupati di Muara Teweh, Kamis (24/10/2019).ANTARA/HO-Dinas Kominfosandi Barut

Muara Teweh (ANTARA) - Puluhan pemuda dari Kabupaten Barito Utara, mengikuti peringatan hari Sumpah Pemuda dan Ikrar Bersama Anak Bangsa tingkat Kalimantan Tengah di Nanga Bulik Kabupaten Lamandau pada 28 Oktober 2019.

"Kontingan Barito Utara ini sebanyak 45 orang yang merupakan perwakilan siswa tingkat SLTA dari enam sekolah di daerah ini," ata Ketua Panitia Langkap Umar pada pelepasan peserta Sumpah Pemuda dan Ikrar Bersama Anak Bangsa (IBAB) di halaman kantor bupati di Muara Teweh, Kamis. 

Selain itu, kata dia, kontingan berasal dari pemuda-pemudi dari perwakilan masing-masing agama dan beberapa ormas, mahasiswa, Satpol PP, tenaga kesehatan serta pegawai Kesbangpol sebagai pendamping. 

"Mereka akan mengikuti beberapa agenda kegiatan diantaranya pertandingan olahraga, pawai Ibab, malam pencerahan yang dirangkai dengan gelar tari daerah, paduan suara, pembacaan puisi dan pada  28 Oktober 2019 akan mengikuti Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91 dan Ikrar Bersama Anak Bangsa," katanya.

Wakil Bupati Barito Utara, Sugianto Panala Putra sebelum melepas kontingen menyampaikan pesan dari Bupati Barito Utara Nadalsyah agar setiap pemuda harus mempersiapkan diri menjadi generasi yang mampu melanjutkan pembangunan dan berbuat baik bagi kemajuan bangsa ini. 
"Sebagai pemuda Indonesia, kita memiliki tanggung jawab untuk menjaga dan mencintai bangsa ini dengan sepenuh hati dan menjadikan Sumpah Pemuda sebagai benteng pertahanan untuk tetap menjaga keutuhan bangsa dan negara ini," pesan Nadalsyah melalui Wakil Bupati.

Selain itu, bupati mengharapkan semangat sumpah pemuda menjadi motivasi bagi pemuda pemudi Barito Utara untuk maju berkarya, berinovasi dan berkreasi membangun dan terus memajukan serta membawa harum Barito Utara Bumi Iya Mulik Bengkang Turan dikancah internasional, nasional maupun event-event lokal lainnya. 

Kesemuanya dalam rangka mengangkat martabat dan kearifan lokal serta perjuangan Panglima Batur sebagai simbol perlawanan dan perjuangan pahlawan nasional yang menjadi kebanggaan dan sejarah serta ikon masyarakat Barito pada khususnya dan Indonesia pada umumnya. 

"Melalui nilai-nilai dan semangat sumpah pemuda yang selalu mengelora, saya mengapresiasi untuk setiap karya para pemuda pemudi Barito Utara dalam turut serta memajukan Bumi Iya Mulik Bengkang Turan menjadi sebuah kabupaten yang lestari dan sejahtera dalam segala sektor serta selalu menjunjung tinggi nilai-nilai sejarah perjuangan bangsa," katanya.