BPTP dan Distan gugah pemuda Bartim jadi petani jagung

id BPTP dan Distan gugah pemuda Bartim jadi petani jagung,Pertanian,Barito Timur,Jagung

BPTP dan Distan gugah pemuda Bartim jadi petani jagung

Kepala Dinas Pertanian Barito Timur Riza Rahmadi memberikan arahan saat bimbingan teknis gerakan petani milenial mendukung ketersediaan benih jagung hibrida di balai Desa Sibung Kecamatan Raren Batuah, Kamis (24/10/2019). ANTARA/Habibullah

Tamiang Layang  (ANTARA) - Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Kalimantan Tengah bekerjasama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Barito Timur menggelar bimbingan teknis gerakan petani milenial mendukung ketersediaan benih jagung hibrida sebagai upaya menggeliatkan ekonomi kerakyatan.

Kepala Dinas Pertanian Barito Timur Riza Rahmadi mengatakan, kegiatan tersebut sebagai upaya menumbuhkan calon penangkaran jagung dalam mendukung potensi Kabupaten Barito Timur sebagai salah satu kawasan produksi pangan di Kalimantan Tengah.

"Selain itu, juga untuk memfokuskan kaum muda dan milenial sejalan dengan visi misi daerah, terutama di sektor pertanian dalam upaya mendukung peningkatan ekonomi kerakyatan," kata Riza usai membuka bimbingan teknis di balai Desa Sibung Kecamatan Raren Batuah, Kamis.

Menurut Riza, kaum muda perlu sejalan dengan visi pemerintah untuk mengantisipasi kondisi bonus demografi negara saat ini, yakni usia produktif penduduk lebih banyak dibandingkan usia tua.

Pengenalan dan  memotivasi kaum muda untuk terjun ke pertanian sangatlah tepat karena saat ini jumlah petani terus tergerus era modernisasi.

Hasil panen jagung hibrida semakin dilirik karena bisa dijadikan pakan ternak dan lainnya. Saat ini, terdapat pengepul hasil panen jagung hibrida ada di Desa Tampa Kecamatan Paku. Selain itu, warga juga ada yang menjual ke wilayah Pelaihari, Kalimantan Selatan.

Kepala Seksi Kerjasama dan Pelayanan Teknis BPTP kalteng Dedy Irwandi mengatakan, arah dan visi pembangunan pertanian saat ini untuk mewujudkan sumber daya manusia unggul di bidang pertanian.

Baca juga: Pemkab Bartim dukung program pengembangan SDM pemerintahan Jokowi-Ma'ruf
Baca juga: Pelanggan PDAM Bartim bertambah 575 sambungan baru


"Yakni generasi muda yang mampu mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam meningkatkan produktivitas dan berorientasi pada agribisnis (pemasaran)," kata Dedy.

Selain itu, untuk menumbuhkembangkan wirausahawan muda dalam rangka membuka lapangan kerja dan mampu meliat peluang usaha pertanian.

Saat bimbingan teknis disampaikan materi mengenai pola pendampingan petani milenial dan peluang usaha menjadi penangkar jagung di Kabupaten Barito Timur oleh peneliti dan penyuluh BPTP Kalimantan Tengah.

Acara bimbingan teknis yang sederhana namun bermanfaat itu dihadiri sekitar 40 orang pemuda tani dan penyuluh di Kecamatan Raren Batuah.