Ini tips pelihara hewan bagi para pekerja

id Pelihara hewan, hewan peliharaan, merawat hewan

Ini tips pelihara hewan bagi para pekerja

Ilustrasi - Petugas menggendong seekor anjing untuk ditimbang berat badan sebelum divaksin di Halaman Puskeswan, Leuwidahu, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Jumat (13/9/2019). Dalam rangka menyambut Hari Rabies Sedunia pada 28 September, Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Tasikmalaya mengadakan pemeriksaan kesehatan sekaligus vaksin rabies gratis bagi warga yang mempunyai hewan peliharaan kucing, anjing, dan kera dengan target 265 hewan. ANTARA FOTO/Adeng Bustomi/foc. (ANTARA FOTO/ADENG BUSTOMI)

Jakarta (ANTARA) - Dokter hewan Drh. Novi Wulandari berbagi tips bagi para pekerja yang ingin memlihara hewan di rumah.

Tipe seorang pekerja biasanya jarang di rumah, sehingga harus memastikan apakah ada orang lain di rumah atau tidak.

"Kalau ternyata tinggal sendir,i pastikan lingkungannya itu aman, nyaman dan dia (hewan peliharaan) ditinggal sendiri aman," ujar Novi dalam temu media "Kolaborasi Royal Canin dan Shopee dalam Super Brand Day" di Jakarta, Jumat.

Keamanan juga harus benar-benar diperhatikan tidak hanya untuk hewan peliharaan, tetapi juga untuk lingkungan sekitar rumah.

Hal lain yang harus diperhatikan adalah pengaturan suplai makanan. Para pekerja harus sedikit ekstra mengeluarkan usaha untuk membeli peralatan yang mampu mengakomodir akses makanan.

"Dia harus punya dispenser makanan yang bisa dibuka jam tertentu, jadi kucingnya bisa makan atau yang dispenser yang makanan diambil dia turun. Minuman juga otomatis harus tersedia," kata Novi.

Perempuan yang menjabat sebagai Corporate Affairs Manager Royal Canin Indonesia itu juga menekankan pentingnya komitmen pemilik dalam memerlihara hewan peliharaan

Selain komitmen biaya, yangcenderung akan lebih besar bagi para pekerja, komitmen waktu menjadi tantangan tersendiri bagi para pekerja karena tetap harus menyediakan waktu bermain bersama agar hewan peliharaan tidak stres.

Komitmen waktu dan biaya juga termasuk membawa hewan peliharaan ke dokter hewan untuk melakukan pemeriksaan rutin kesehatan hewan peliharaan.