DPRD Palangka Raya: Sosialisasikan pentingnya vaksinasi hewan

id DPRD Palangka Raya,Palangka Raya,Wahid Yusuf ,Kalteng, Sosialisasikan pentingnya vaksinasi hewan

DPRD Palangka Raya: Sosialisasikan pentingnya vaksinasi hewan

Wakil Ketua I DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah Wahid Yusuf. ANTARA/Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - Wakil Ketua I DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Wahid Yusuf mengingatkan instansi terkait agar selalu menyosialisasikan kepada masyarakat pentingnya vaksinasi hewan untuk mencegah penyebaran penyakit hewan yang menular. 

"Kita tau ada beberapa penyakit hewan yang bisa menular dan membahayakan manusia, seperti rabies dan penyakit mulut dan kuku (PMK)," ujar anggota DPRD Kota Palangka Raya, Wahid Yusuf di Palangka Raya, Selasa. 

Dikatakan Wahid Yusuf, perlunya sosialisasi oleh Pemerintah Kota Palangka Raya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya vaksinasi hewan untuk mencegah dan pengendalian penyakit yang bisa menular. 

"Misal penyakit rabies yang bisa bisa menyerang hewan anjing dan kucing, dan tentu virus rabies itu sangat membahayakan terhadap manusia, malah bisa mengakibatkan kematian apabila terkena gigitannya," ucapnya.

Selain itu, Wahid Yusuf juga meminta kepada masyarakat agar selalu rutin melakukan vaksinasi terhadap hewan peliharaannya untuk mencegah dan mengantisipasi penyebaran penyakit hewan yang bisa menular. 

"Apalagi beberapa bulan lagi kita akan bertemu Hari Raya Kurban, jadi tidak ada salahnya instansi terkait untuk rutin melakukan pengecekan kesehatan hewan dan memberikan vaksin khususnya PMK," ucap politisi Partai Golongan Karya tersebut. 

Selain terus melakukan pemeriksaan hewan seperti sapi dan kambing peliharaan masyarakat, pemerintah juga harus melakukan pengecekan terhadap hewan-hewan yang masuk ke Kota Palangka Raya, untuk mencegah masuknya penyakit menular dari daerah luar. 

"Kalau ada ditemukan penyakit menular, langsung lakukan tindakan, misal isolasi dan perawat khusus kepada hewan tersebut," kata Wahid. 

Diketahui, perlunya memberikan vaksin kepada hewan bertujuan untuk memberikan perlindungan terhadap hewan itu sendiri dan juga bisa memberikan perlindungan terhadap penularan dari hewan kepada manusia.