Begini cara yang ditempuh Dinkes Seruyan untuk mencegah stunting

id Pemkab seruyan, kuala pembuang, seruyan, dinkes, dinas kesehatan, stunting, gagal tumbuh, generasi muda, kecerdasan anak

Begini cara yang ditempuh Dinkes Seruyan untuk mencegah stunting

Kepala Dinas Kesehatan Seruyan Mahdiansyah (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat).

Kuala Pembuang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah melalui Dinas Kesehatan setempat terus berupaya mencegah terjadinya stunting atau gagal tumbuh pada anak.

"Berbagai upaya itu, baik berupa program yang telah diberikan seperti makanan tambahan, hingga meningkatkan kesadaran masyarakat," kata Kepala Dinas Kesehatan Seruyan Mahdiansyah di Kuala Pembuang, Kamis.

Menurutnya yang menjadi tugas utama dan tanggung jawab saat ini, yakni mencegah agar tidak adanya kasus stunting baru. Hal itu diyakini bisa diwujudkan, terlebih banyaknya program dan kegiatan yang telah dilaksanakan.

Hal utama yang saat ini harus dilakukan adalah meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang stunting dan dampak buruk yang ditimbulkan. Apabila masyarakat telah memahaminya, maka pola asuh dan pemenuhan gizi anak pun bisa dilakukan lebih baik.

"Jika orang tua khususnya para ibu bisa mengasuh anaknya dengan baik, tentu anak-anak di Seruyan dapat tumbuh dan terhindar dari stunting," ungkapnya.

Mahdiansyah menjelaskan, ada yang disebut dengan seribu hari setelah kelahiran, disitulah peran orang tua memberikan asupan gizi yang cukup dan tepat, sehingga stunting bisa dicegah.

"Kalau kita memiliki anak-anak cerdas, tentunya daya saing Seruyan pun akan turut meningkat, baik pada skala regional, nasional maupun internasional," terangnya.

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar