DPRD Kalteng nilai objek wisata Ujung Pandaran semakin bagus

id kalimantan tengah,kalteng,dprd kalimantan tengah,dprd kalteng,ketua komisi III dprd kalteng,Duwel Rawing

DPRD Kalteng nilai objek wisata Ujung Pandaran semakin bagus

Pimpinan dan anggota Komisi III DPRD Kalteng saat memantau kondisi Pantai Ujung Pandaran, kemarin. (ANTARA/HO-Sekretariat DPRD Kalteng)

Palangka Raya (ANTARA) - Pimpinan dan anggota Komisi III DPRD Kalimantan Tengah menilai bahwa objek wisata Pantai Ujung Pandaran, Kabupaten Kotawaringin Timur, kondisinya sudah semakin bagus dan diyakini mampu mendatangkan banyak wisatawan lokal maupun internasional.

Sarana dan prasarana pendukung di sekitar Pantai Ujung Pandaran sudah ada dan rancangan untuk terus mengembangkannya pun tersedia, kata Ketua Komisi III DPRD Kalteng Duwel Rawing di Palangka Raya, Selasa.

"Sekarang tinggal memperbaiki infrastruktur jalan menuju Pantai Ujung Pandaran. Sebab, sekalipun kondisi jalannya sudah bagus, tapi masih ada beberapa yang berlubang," ucapnya.

Selain memperbaiki jalan, Komisi III DPRD Kalteng yang membidangi kesehatan, pendidikan dan pariwisata itu juga menyarankan dibuat hutan buatan atau pohon di sekitar pantai Ujung Pandaran.

Baca juga: DPP Golkar utamakan usung kader sendiri di Pilkada 2020, kata Razak

Duwel mengatakan hasil kunjungan yang dilakukan beberapa waktu lalu, sangat terlihat tandus dan perlu suasana segar. Untuk itulah membuat hutan buatan, contohnya menanam pohon mangrove di sekitar Pantai Ujung Pandaran.

"Di tepi pantai ada ditempatkan tiang-tiang pancang, tapi menghalau deburan ombak yang berdampak abrasi atau penggerusan. Tapi, jauh lebih baik menanam mangrove, bisa menahan pengaruh negatif abrasi sekaligus memberikan 
kesegaran kepada orang yang datang kesana," kata dia.

Wakil rakyat Kalteng dari daerah pemilihan I meliputi Palangka Raya, Kabupaten Katingan dan Gunung Mas itu mengingatkan, apabila ingin objek wisata di Pantai Ujung Pandaran semakin banyak dikunjungi wisawatan, jangan hanya berpikir mencegah abrasi.

Dia mengatakan orang akan tertarik apabila menikmati suasana pantai, ditambah dengan keasrian hijaunya hutan buatan.
 Lalu dari sisi fasilitas banyak beberapa hal, yang mesti dilengkapi. Berbagai event juga perlu dibuat agar mendorong wisatawan datang ke wilayah setempat.

"Dari segi rekreasinya, sudah memiliki beberapa kelengkapan. Fasilitas penting lain yang mesti dipersiapkan seperti toilet dan lahan parkir," demikian Duwel.

Baca juga: Gunakan APBD secara efisien dan tepat sasaran, kata Ketua DPRD Kalteng

Baca juga: Jembatan penghubung Sukamara-Kalbar dibangun, ini pesan DPRD Kalteng

Pewarta :
Uploader : Admin 3
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar