Pemkab Kobar jadikan pariwisata pemicu pertumbuhan ekonomi dan kemajuan daerah

id Pemkab Kobar jadikan pariwisata pemicu pertumbuhan ekonomi dan kemajuan daerah,Wakil Bupati Kobar,Kobar,Ahmadi Riansyah,Pariwisata

Pemkab Kobar jadikan pariwisata pemicu pertumbuhan ekonomi dan kemajuan daerah

Wakil Bupati Kotawaringin Barat Ahmadi Riansyah didampingi anggota Komisi A DPRD Kotawaringin Barat Alman Riansyah saat makan siang di kawasan hutan Desa Gandis Kecamatan Arut Utara Kabupaten Kotawaringin Barat, Senin (30/9/2019). ANTARA/Hendri Gunawan

Pangkalan Bun (ANTARA) - Wakil Bupati Kotawaringin Barat Kalimantan Tengah Ahmadi Riansyah menyebutkan skala prioritas pembangunan di tahun 2020 sampai dengan 2022 tetap mengarah pada tiga sektor yaitu pariwisata, pertanian dalam arti luas, dan infrastruktur.

"Akan tetapi, fokus pembangunan pada tiga sektor tersebut orientasinya lebih mengarah kepada pariwisata, pembangunan sektor pertanian orientasinya ke pariwisata pembangunan infrastruktur orientasinya juga ke pengembangan pariwisata," kata Ahmadi Riansyah ditemui usai acara nonton bareng final Sea Games 2019 di halaman Kantor Bupati pada Selasa (10/12) malam.

Menurutnya, pariwisata menjadi 'trigger' atau pemicu pintu masuk untuk sektor-sektor lainnya sehingga berdampak kepada pertumbuhan ekonomi dan kemajuan daerah.

Indeks prioritas pembangunan daerah akan berkaitan dengan pariwisata di dalamnya. Dicontohkannya, jika di suatu kawasan ada destinasi wisatanya maka di situ akan dibangun fasilitas pendukung. Contohnya, saat ini tengah dibangun titian ulin yang mengarah ke Danau Masoraian untuk mempermudah akses menikmati danau tersebut.

Pemerintah daerah membangun jembatan dan jalan Pangkalan Bun - Kotawaringin Lama selain untuk konektivitas penghubung antar kabupaten dan provinsi tetangga, juga sebagai akses mempermudah mengingatkan di Kecamatan Kotawaringin Lama ada peninggalan Kerajaan Kutaringin berupa astana atau istana Alnursari sebagai wisata bahari serta makam Kyai Gede sekaligus Masjid peninggalan Kyai Gede yang menjadi wisata religi.

Selain itu juga dibangun infrastruktur seperti di Sungai Buun berupa taman dan landmark Sungai Buun, water front city di Sungai Arut, pasar semi modern arahnya juga ke pengembangan pariwisata serta masih banyak lagi pembangunan infrastruktur lainnya yang memiliki orientasi ke arah pengembangan pariwisata.

Baca juga: Meski timnas kalah, Wakil Bupati Kobar tetap bangga

Pemerintah daerah berharap dari tiga skala prioritas pembangunan yang diorientasikan ke arah pengembangan pariwisata tersebut membuat Kotawaringin Barat memilik beberapa daya tarik yang membuat orang atau wisatawan berminat datang ke kabupaten tersebut.

"Dengan orang-orang datang ke Kobar, hotel-hotel jadi ramai, restoran jadi ramai, pasar dan pusat perbelanjaan jadi ramai, sehingga terjadi pertumbuhan ekonomi itu harapan kita," ucapnya.

Baca juga: Puncak peringatan HKN ke-55 di Kobar, Pemkab teken dua komitmen bersama terkait kesehatan