Barut kaji kelayakan pengembangan sentra industri pengolahan jagung

id jagung barito utara,kajian pengolahan industri ,pengolahan jagung

Barut kaji kelayakan pengembangan sentra industri pengolahan jagung

Ilustrasi - Petani memasukan jagung ke dalam karung hasil penen petani di Desa Mampuak Kecamatan Teweh Timur. (Foto Dinas Pertanian Barito Utara)

Muara Teweh (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah  melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian setempat melaksanakan ekspos laporan akhir kajian kelayakan pengembangan sentra industri pengolahan jagung.

"Pengentasan kemiskinan dan perluasan kesempatan kerja serta menghasilkan barang dan/atau jasa industri untuk kedepan menjadi keperluan ekspor, yang salah satunya melalui industri pengolahan jagung di Desa Benangin Kecamatan Teweh Timur," kata Wakil Bupati Barito Utara Sugianto Panala Putra di Muara Teweh, Rabu.

Menurut dia, pemerintah daerah berharap agar berbagai program pemerintah khususnya di Kabupaten Barito Utara ini melalui Dinas Perdagangan Dan Perindustrian dapat didukung dengan maksimal secara sinergis oleh seluruh komponen masyarakat

Melalui kegiatan ekspos yang dilakukan oleh tim ahli dari Universitas Palangka Raya (UPR) ini, kiranya dapat memberikan masukan saran dan usul yang sifatnya membangun, yang hadir berasal dari perangkat daerah dan berbagai elemen mewakili kepentingan masyarakat.

"Rencana pembangunan industri Kabupaten Barito Utara yakni kajian kelayakan yang akan kita jadikan trigger atau tolak ukur dalam pelaksanaan penyelesaian proses selanjutnya untuk kemajuan Kabupaten Barito Utara ini diharapkan sebagai output dasar atau awal," katanya. 

Apalagi, kata dia, perkembangan industri nasional yang menjadi salah satu penopang utama ekonomi nasional, yang tentunya tidak pernah terlepas dari sektor industri yang memang menjadi sektor penghasil devisa utama.

Perkembangan industri nasional yang menjadi salah satu penopang utama ekonomi nasional, yang tentunya tidak pernah terlepas dari sektor industri yang memang menjadi sektor penghasil devisa utama.

"Untuk lebih meningkatkan peran sektor industri kecil dan menengah sudah menjadi kewajiban pemerintah melakukan pemberdayaan industri kecil dan menengah diarahkan untuk memiliki tujuan jangka menengah guna mewujudkan industri kecil dan industri menengah yang berdaya saing, berperan signifikan dalam penguatan struktur industri nasional," jelas dia.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Barito Utara Hajrannor mengatakan kegiatan ekspose laporan akhir yang dilaksanakan ini diharapkan menghasilkan kajian kelayakan yang nantinya akan menghasilkan output pengembangan sentra industri pengolahan jagung.

"Kegiatan ini diikuti peserta aktif dari seluruh perangkat daerah, perusahaan daerah (Perusda) Batara Membangun dan Kadin barito Utara," ujarnya.
 

Pewarta :
Uploader : Admin 1
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar