Pemkab berikan bantuan bagi warga tak mampu dan meninggal dunia di Seruyan

id Pemkab seruyan, seruyan, bantuan, santunan, meninggal dunia, kuala pembuang, tali asih

Pemkab berikan bantuan bagi warga tak mampu dan meninggal dunia di Seruyan

Bupati Seruyan Yulhaidir memberikan santunan kepada masyarakat. (ANTARA/Ho-Protokol Pemkab Seruyan)

Kuala Pembuang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah terus berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat, salah satunya dengan memberikan santunan berupa tali asih bagi warga tidak mampu yang meninggal dunia.

"Tali asih tersebut berupa uang berjumlah Rp2,5 juta per orang dan akan diberikan kepada warga tidak mampu yang meninggal dunia," kata Bupati Seruyan Yulhaidir di Kuala Pembuang, Senin.

Program santunan tersebut akan dimulai pada tahun 2020 mendatang dan syaratnya, yakni kepala desa mengeluarkan surat keterangan tidak mampu serta yang pasti sudah ada surat kematian. Apabila sudah lengkap persyaratannya, maka akan langsung diberikan tali asih berupa uang tunai.

Menurutnya, program tersebut selain untuk menyejahterakan masyarakat, juga bentuk kepedulian pemerintah daerah kepada masayarakat tidak mampu dengan cara meringankan beban keluarga yang ditinggalkan.

"Tentu program ini sangat membantu bagi keluarga yang ditinggalkan, contohnya keluarga yang tidak mampu ketika kepala keluarga meninggal dunia dan dana tersebut bisa meringankan beban istri dan anak-anak," tuturnya.

Yulhaidir berharap, agar dana tersebut bisa dimanfaatkan sebaik mungkin dan jangan sampai dana yang telah diberikan nantinya oleh pemerintah malah digunakan untuk hal yang tidak perlu atau bukan skala prioritas kebutuhan keluarga.