Kondisi ketahanan pangan di Sukamara cukup mantap, kata bupati

id kalimantan tengah,kalteng,sukamara,kabupaten sukamara,bupati sukamara,Windu Subagio

Kondisi ketahanan pangan di Sukamara cukup mantap, kata bupati

Bupati Sukamara H Windu Subagio. (ANTARA/Gusti Zainal)

Sukamara (ANTARA) - Bupati Sukamara, Kalimantan Tengah, H Windu Subagio menyatakan bahwa ketahanan pangan di kabupaten yang dipimpinnya, sampai sekarang ini dalam kondisi aman dan mantap.

Kondisi ini karena melihat kemampuan dan hasil produksi pertanian yang berkaitan dengan pangan terus mengalami peningkatan setiap tahun, kata Windu di Sukamara, Rabu.

"Kebutuhan beras impor untuk kabupaten sukamara setiap tahun pun terus menurun. Itu karena produksi pertanian, khususnya padi di daerah ini terus mengalami peningkatan setiasp tahunnya," tambah dia.

Dikatakan, setiap tahunnya petani kita terus mengoptimalkan pertanian hal ini ditandai dengan terus meningkatnya hasil produksi pertanian khususnya padi di Kabupaten sukamara.

Dia mengatakan upaya pemerintah untuk mewujudkan kemandirian pangan ditingkat rumah tangga, maupun tingkat wilayah Kabupaten Sukamara diharapkan semua untuk saling bahu membahu melakukan percepatan pembangunan ketahanan pangan di Kabupaten Sukamara dimulai dari tingkat rumah tangga.

"Pemkab Sukamara juga terus meningkatkan kepedulian terhadap setiap rumah tangga yang belum berkemampuan untuk memenuhi kebutuhan pangannya," kata Windu.

Baca juga: 14 pejabat di Sukamara dilantik, begini pesan Windu Subagio

Orang nomor satu di Kabupaten Sukamara itu mengaku, pihaknya juga terus menghimbau seluruh masyarakat di wilayah setempat, agar memanfaatkan berbagai potensi sumberdaya yang tersedia di sekitar lingkungan yang ada.

Para petani di kabupaten setempat juga perlu melakukan berbagai inovasi dengan memanfaatkan teknologi untuk menciptakan produk makanan olahan berbasis pangan lokal, tentu dapat mendorong kebiasaan untuk mengkonsumsi pangan beragam, bergizi, seimbang dan aman dimulai dari tingkat keluarga.

"Saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas kerja keras saudara kita para petani, nelayan, peternak, pekebun, para penyuluh lapangan dan semua pihak yang telah bersatu padu melakukan upaya-upaya dalam menjaga sekaligus meningkatkan stabilitas ketahanan pangan wilayah," demikian pinta Windu.

Baca juga: Bupati tegaskan pelaksanaan pembangunan di Sukamara harus sesuai target

Baca juga: Bupati harapkan kemitraan DPRD dan Pemkab Sukamara terus meningkat