Pemkab Barito Selatan optimalkan penerapan e-planning

id Pemkab Barito Selatan optimalkan penerapan e-planning,Barsel,Keuangan,APBD

Pemkab Barito Selatan optimalkan penerapan e-planning

Rapat koordinasi yang dipimpin Sekda Barito Selatan, Edy Purwanto terkait dengan rencana penerapan e-planning di Buntok, Senin (13/1/2020). ANTARA/Bayu Ilmiawan

Buntok (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Barito Selatan Kalimantan Tengah berencana segera menerapkan dan mengoptimalkan e-planning atau perencanaan secara elektronik untuk meningkatkan kinerja pegawai di wilayah setempat.

"Program e-planning ini untuk menyingkronkan program-program kerja serta untuk sistemnya digabung, dan ada keterkaitannya dengan e-kinerja," kata Sekretaris Daerah Barito Selatan Edy Purwanto usai menghadiri rapat koordinasi di Buntok, Senin.

Edy menjelaskan, pelaksanaan e-planning difokuskan pada sistem terkait bagaimana sistem perencanaan, penganggaran, evaluasi dan monitoringnya. Bahkan ada sanksi yang akan diberikan oleh pemerintah kepada instansi yang tidak bisa menjalankan program dengan baik.

Penerapan e-planning dan e-kinerja merupakan suatu kesatuan yang tidak terpisahkan. Sistem e-kinerja akan berjalan dengan baik apabila sistemnya dijadikan satu dengan e-planning.

Menurut Edy, saat ini penerapannya memang belum berjalan secara maksimal dan yang sudah berjalan yakni absensi elektronik.

"Kendala yang dihadapi terkait penerapan e-planning dan e-kinerja itu ada keterkaitannya dengan sarana dan prasarana, termasuk sarana pendukung lainnnya seperti jaringan internet," ucapnya.

Untuk di wilayah kecamatan, sejak dua tahun lalu sudah ada jaringan internet yang dibiayai oleh pemerintah daerah, sedangkan bagi pegawai yang bertugas di wilayah desa yang tidak memiliki jaringan internet masih terkendala dan ini perlu diformulasikan bagaimana mempersiapkan jaringan internetnya.

Pihaknya saat ini sedang mempersiapkan sumber daya manusia, sarana dan prasarana, pendanaan, termasuk sarana pendukung lainnya berupa jaringan internet, agar penerapan e-planning dan e-kinerja ini bisa berjalan dengan baik.

"Mudah-mudahan ini bisa segera diterapkan karena program ini sangat berpengaruh terhadap peningkatan kinerja aparatur sipil negara yang ada di Barito Selatan dan kita menargetkan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah 2020, e-planning ini sudah bisa diterapkan di Barito Selatan," kata Edy Purwanto.

Saat rapat koordinasi pihaknya menginformasikan kepada seluruh satuan organisasi perangkat daerah terkait hal itu supaya mereka mengetahui program tersebut dan siap untuk melaksanakannya.
 

Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar