DPRD Seruyan minta keamanan penerbangan perintis lebih diperhatikan

id kalimantan tengah,kalteng,kabupaten seruyan,seruyan,Ketua DPRD Seruyan,DPRD Seruyan,Zuli Eko Prasetyo

DPRD Seruyan minta keamanan penerbangan perintis lebih diperhatikan

Ketua DPRD Seruyan Zuli Eko Prasetyo (tengah) saat bersam Wakil Bupati Seruyan Iswanti (kiri) dan Kepala UPBU kelas III Kuala Pembuang Muhammad Haridin (kanan) di Bandara Kuala Pembuang, Jumat (24/1). ANTARA/Radianor

Kuala Pembuang, Seruyan (ANTARA) - Ketua DPRD Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, Zuli Eko Prasetyo mengingatkan sekaligus meminta Unit Penyelenggara Bandar Udara  (UPBU) Kelas III Kuala Pembuang, agar lebih mengutamakan keamanan sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) penerbangan.

"Saya harap pihak bandara Kuala Pembuang dan maskapai yang melayani rute ini tetap mengutamakan standar keamanan penerbangan," kata Zuli di Kuala Pembuang, Senin.

Menurut dia, standar keamanan penerbangan harus menjadi perhatian utama, serta seluruhnya harus sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) penerbangan perintis Susi Air. Sehingga penerbangan dapat terlaksana dengan baik dan dapat berjalan dengan lancar.

Eko mengatakan untuk Pilot Susi Air juga harus bekerja sesuai regulasi yang sudah diatur, dan jangan sampai menggunakan narkoba. Sebab, pilot sangat penting untuk suksesnya penerbangan dan keselamatan pada sebuah penerbangan,.

"Jadi diharapkan untuk pilot agar jangan menggunakan narkoba, supaya tidak membahayakan keselamatan penumpang dan masyarakat," tegasnya.

Baca juga: Generasi muda di Seruyan perlu mendapatkan banyak perhatian dari pemkab

Kemudian, dengan mengedepankan keamanan yang sesuai standar tentu akan mengurangi risiko yang terjadi bahkan bisa dengan mudah untuk diatasi. 

Politisi Partai Demokrasi Indonesia itu menambahkan, penerbangan ini diharapkan akan dapat terus memacu peningkatan perekonomian masyarakat di Kuala Pembuang khususnya Seruyan, serta dapat memudahkan akses menuju ibu kota kabupaten.

Dengan adanya penerbangan dari Kuala Pembuang - Banjarmasin dan Kuala Pembuang – Palangka Raya, masyarakat yang hendak bepergian akan lebih mudah dan cepat.

Ia menerangkan, bahwa momen pembukaan penerbangan perintis ini memang sudah sangat ditunggu oleh banyak kalangan masyarakat yang ada di kabupaten Seruyan.

"Kami sangat menyambut baik tahun ini. Di awal tahun penerbangan di Bandara Kuala Pembuang sudah dibuka kembali, karena ini memang di tunggu oleh masyarakat," demikian Eko.

Baca juga: Jangan salah gunakan kewenangan yang dimiliki, kata Legislator Seruyan

Baca juga: Karet dan kelapa sawit jadi tumpuan masyarakat Seruyan