300 peserta seleksi PPK Kapuas ikuti tes tertulis

id 300 peserta seleksi PPK Kapuas ikuti tes tertulis,Kapuas,Pilkada

300 peserta seleksi PPK Kapuas ikuti tes tertulis

Ratusan peserta seleksi calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kabupaten Kapuas mengikuti tes tertulis yang dilaksanakan KPU setempat di Aula Kantor Bappeda Kapuas, Kamis (30/1/2020). ANTARA/All Ikhwan

Kuala KapuasĀ  (ANTARA) - Sebanyak 300 peserta seleksi calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah, mengikuti tes tertulis yang dilaksanakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat.

"Sebanyak 300 calon PPK yang mengikuti tes tertulis ini berasal dari 17 kecamatan di Kabupaten Kapuas. Pelaksanaannya serentak dilaksanakan dibagi dalam tiga wilayah," kata Ketua KPU Kabupaten Kapuas Jamilah Maisura usai menghadiri pembukaan seleksi PPK di Aula Kantor Bappeda Kapuas, Kamis.

Jamilah menjelaskan, lokasi yang dipilih menjadi tempat pelaksanaan seleksi tersebut yaitu Aula Kantor Bappeda Kabupaten Kapuas, Aula Kecamatan Kapuas Tengah dan Aula Kecamatan Kapuas Hulu. Tes tertulis dilaksanakan secara serentak.

Pelaksanaan di Aula Kantor Bappeda Kapuas diikuti peserta dari 12 kecamatan, yakni Kecamatan Selat, Basarang, Kapuas Barat, Mantangai, Bataguh, Dadahup, Kapuas Hilir, Kapuas Kuala, Kapuas Murung, Kapuas Timur, Pulau Petak dan Tamban Catur.

Seleksi di Kecamatan Kapuas Tengah diikuti peserta calon PPK yang berasal dari Kecamatan Kapuas Tengah, Pasak Talawang dan Timpah. Sedangkan untuk Kecamatan Kapuas Hulu diikuti dua kecamatan, yakni Kecamatan Kapuas Hulu dan Mandau Talawang.

Tes tertulis ini sangat penting bagi 300 peserta yang mengikuti seleksi. Hasil tes tertulis inilah yang nantinya akan menjadi penentu siapa saja peserta yang berhak mengikuti tahapan selanjutnya yakni tes wawancara.

"Dari peserta tes tertulis hari ini, akan kami sisihkan 10 besar dari tiap kecamatan yang akan mengikuti tahapan tes selanjutnya," ucapnya.

Hasil seleksi tes tertulis akan diumumkan pada tanggal 3-5 Februari 2020. Berikutnya, tes wawancara akan dilakukan pada tanggal 8-10 Februari 2020 dan hasil seluruhnya akan diumumkan pada tanggal 26-27 Februari 2020.

"Sebelum tes wawancara, nama-nama calon PPK ini terlebih dahulu kami sampaikan ke masyarakat untuk mendapat tanggapan guna mengenali rekam jejaknya," katanya. 

Diterangkannya, bahwa seleksi calon PPK ini dilakukan dalam rangka persiapan menghadapi pemilu kepala daerah Provinsi Kalimantan Tengah pada 23 September 2020.

Jamilah berpesan, peserta calon yang mengikuti tes ini diharapkan dapat mengikuti dengan baik. Dia berharap seleksi berjalan lancar sesuai dengan harapan.