Optimalkan promosi wisata, Pemkab Kobar gelar Pasar Hamalem Mengkeme

id Kalimantan Tengah, Kalteng, Kabupaten Kotawaringin Barat, Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran

Optimalkan promosi wisata, Pemkab Kobar gelar Pasar Hamalem Mengkeme

Bupati Kotawaringin Barat Nurhidayah (kanan) bersama Sekda Kalteng Fahrizal Fitri mengunjungi sejumlah UMKM kuliner yang ikut di Pasar Hamalem Mengkeme di Pangkalan Bun, Jumat (14/2/2020) malam. ANTARA/Hendri Gunawan

Pangkalan Bun (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, menggelar Pasar Hamalem Mengkeme sebagai upaya mengoptimalkan promosi wisata, sekaligus menyediakan wadah bagi para usaha mikro kecil menengah sektor kuliner lokal.

Pasar Hamalem Mengkeme merupakan salah satu bentuk promosi wisata bagi Kabupaten Kotawaringin Barat kata Gubernur Kalteng Sugianto Sabran melalui sambutasamb yang dibacakan oleh Sekertaris Daerah Provinsi Kalteng Fahrizal Fitri di Pangkalan Bun, Jumat (14/2) malam.

"Gubernur Sugianto Sabran menyambut baik digelarnya Pasar Hamalem Mengkeme ini dan harapannya dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan dan Kepariwisataan Kabupaten pengembangan Kotawaringin Barat," katanya.

Dikatakan, penempatan kegiatan Pasar Hamalem Mengkeme di lingkungan masyarakat merupakan salah satu langkah pengenalan Wisata kuliner khas daerah untuk membangun inovatif dan motivasi masyarakat yang ada di sekitar Destinasi wisata bantaran Sungai Arut.

Dia mengatakan seluruh masyarakat Kalteng patut berbangga karena di provinsi ini telah memiliki banyak Calender of Event (CoE) Pariwisata dalam rangka untuk meningkat jumlah kunjungan Wisatawan ke Provinsi Kalimantan Tengah.

"Saya pun selalu mendukung kegiatan yang bersifat memajukan daerah dan mengangkat potensi- potensi yang ada dan dapat memberikan motivasi bagi masyarakat untuk dapat melestarikan Kuliner lokal dengan kemasan yang menarik. Sehingga tidak hanya di pasarkan di Kabupaten Kotawaringin Barat namun juga sampai ke daerah lain," ucapnya

Fahrizal menegaskan Pemerintah Provinsi Kalteng mendukung segala upaya masyarakat dan Pemerintah Kotawaringin Barat untuk menjadikan Kotawaringin Barat dengan segala keunikannya dan keistimewaannya menjadi salah satu Destinasi Pariwisata di Kalimantan Tengah. 

Baca juga: Bupati konsultasikan potensi wisata kobar ke Kementerian Pariwisata

Dalam hal pengembangan Kepariwisataan di Provinsi Kalimantan Tengah sangat memerlukan dukungan dan partisipasi masyarakat dan semua pihak karena partisipasi kreatif seluruh unsur merupakan bagian yang paling penting dalam membangun Kota Kreatif dan menjadikan Destinasi wisata yang inovatif.

Sementara itu Bupati Kobar Nurhidayah mengapresiasi kegiatan Pasar Hamalem Mengkeme. ini salah satu bukti nyata dukungan terhadap visi misi pemerintah daerah dalam rangka meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kobar, karena pariwisata merupakan salah satu program prioritas pembangunan Kotawaringin barat kedepannya.

Dia mengatakan kegiatan ini sangat bagus karena mengangkat bahasa lokal, kegiatan semacam ini sebenarnya sudah menjadi agenda rutin di setiap kelurahan dengan mengangkat bahasa kelurahan masing masing.

"Kegiatan semacam ini sangat membantu sekali, terutama dalam rangka mengembangkan dan memfasilitasi para UMKM di Kobar," demikian Nurhidayah.

Baca juga: Kinerja Lapas Pangkalan Bun diharapkan meningkat usai pencanangan zona integritas

Baca juga: Targetkan bebas banjir dan sampah, Wabup Kobar tinjau kondisi drainase

Pewarta :
Uploader : Admin 3
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar