Wisatawan susur sungai Palangka Raya seharusnya diasuransikan

id Wisatawan susur sungai Palangka Raya seharusnya diasuransikan,DPRD Kota Palangka Raya,Sigit

Wisatawan susur sungai Palangka Raya seharusnya diasuransikan

Anggota DPRD Kota palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah Sigit Widodo. ANTARA/Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - Anggota DPRD Kota Palangka Raya Kalimantan Tengah Sigit Widodo meminta pengelola wisata susur sungai di daerah itu mengasuransikan wisatawan yang menggunakan kapal mereka untuk menikmati keindahan alam.

"Pengelola seharusnya mengasuransikan pengunjung wisata susur sungai Dermaga Kereng Bangkirai melalui karcis yang mereka bayar kepada pengelola wisata setempat," kata Sigit di Palangka Raya, Selasa.

Sigit menyarankan kepada pengelola wisata susur sungai di Dermaga Kereng Bangkirai tidak lain untuk melindungi pengunjung apabila ada terjadi kecelakaan. Tidak ada yang menginginkan terjadi kecelakaan, namun antisipasi harus dilakukan.

Menurut Sigit, selama ini hal tersebu, sama sekali belum terlaksana padahal sangat penting. Wisata susur sungai di Dermaga Kereng Bangkirai yang menjadi andalan Kota Palangka Raya diharapkan bisa lebih baik, aman dan nyaman.

"Melalui DPRD, kami juga akan berusaha bagaimana baiknya ada peraturan mengenai hal tersebut, namun itupun juga memerlukan waktu dan pemikiran yang matang sebelum dilaksanakan," kata Sigit.

Anggota Komisi C membidangi masalah kepariwisataan itu berharap, dengan hal-hal tersebut serta inovasi dari Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) wisata yang sudah dibangun warga beserta pemerintah setempat terus berkembang pesat.

Jika wisata setempat maju dan berkembang sesuai dengan keinginan masyarakat dan pemerintah daerah, tentunya perputaran ekonomi serta pendapatan masyarakat di sekitar wisata juga akan meningkat.

"Pendapatan asli daerah sektor juga akan berkembang di kawasan itu, misalnya parkir, ekonomi kreatif serta berbagai hal akan bermunculan untuk kesejahteraan masyarakat setempat," ungkapnya.

Ditambahkan Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Kota Palangka Raya tersebut, harus ada dibuat hal-hal yang unik di kawasan setempat agar bisa menarik banyak wisatawan asing dan luar Palangka Raya. Tujuannya agar wisatawan yang dari luar 'Kota Cantik' sebutan Kota Palangka Raya bisa mengetahui ketika foto-fotonya disebar melalui media sosial.

"Media sosial juga sangat lah penting untuk penyebaran informasi mengenai wisata tersebut, sehingga orang luar ingin berlibur ke Dermaga Wisata Kereng Bangkirai nantinya," tandasnya.