Pemkab Gumas cari puluhan peserta untuk ikuti beragam pelatihan

id Pemkab Gumas , Disnakertrans Kalteng,Pemkab Gumas cari puluhan peserta untuk ikuti beragam pelatihan

Pemkab Gumas cari puluhan peserta untuk ikuti beragam pelatihan

Kasi Pelatihan Kerja, Produktivitas, Penempatan dan Perluasan Kesempatan Kerja Wahyuni (kiri) memberi keterangan kepada masyarakat yang mendaftarkan diri mengikuti pelatihan dari BBPLK Serang, di kantor Distransnakerkop dan UKM setempat, baru-baru ini. (ANTARA/HO - Distransnakerkop dan UKM Kabupaten Gumas)

Kuala Kurun (ANTARA) - Dinas Transmigrasi, Tenaga Kerja, Koperasi dan UKM Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah mencari puluhan peserta untuk mengikuti berbagai jenis pelatihan di tiga tempat yang berbeda.

Plt Kepala Distransnakerkop dan UKM Kabupaten Gumas Sudin melalui Kasi Pelatihan Kerja, Produktivitas, Penempatan dan Perluasan Kesempatan Kerja Wahyuni, di Kuala Kurun, Jumat mengatakan pelatihan dilakukan di Serang, Banten, Samarinda, Kalimantan Timur, dan Kuala Kurun.

“Kabupaten Gumas mendapat alokasi kebutuhan peserta dari Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Serang, Balai Latihan Kerja (BLK) Samarinda, serta dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kalteng,” ucapnya.

Baca juga: Bupati Gumas sampaikan pentingnya membentuk KIM

Dari BBPLK Serang, jenis pelatihan yang ditawarkan adalah operator otomasi industri sebanyak delapan peserta, pengelasan SMAW posisi 3G dan pengelasan GMAW posisi 3G masing-masing empat peserta.

Bagi masyarakat yang berminat mengikuti pelatihan ini dapat mendaftarkan diri secara online di pelatihan.kemnaker.go.id. Sedangkan untuk berkas-berkas yang diperlukan harus diantar ke kantor Distransnakerkop dan UKM.

Dikatakan, jika saat pendaftaran online peserta mengalami kesulitan, nantinya saat pelaksanaan seleksi tim BBPLK Serang akan membantu pendaftaran secara online. Yang terpenting, peserta harus memiliki alamat surat elektronik atau e-mail.

“Khusus pelatihan dari BBPLK Serang, pendaftaran dibuka hingga 1 Maret 2020 mendatang, sedangkan seleksi dilaksanakan pada 16 Maret 2020, di kantor Distransnakerkop Kabupaten Gumas,” bebernya.

Baca juga: Pembangunan jembatan Sei Kahat perlu penambahan dana

Dari BLK Samarinda, sambung dia, jenis pelatihan yang ditawarkan adalah meubeler dengan jumlah peserta sebanyak tiga orang, serta teknik listrik dengan jumlah peserta dua orang.

Dia menyebut, khusus pelatihan BLK Samarinda, pendaftaran berakhir pada 2 Maret 2020. Sedangkan untuk pelaksanaan pelatihan rencananya dilakukan mulai 3 Maret hingga 7 April 2020 di BLK Samarinda.

Kemudian ada juga pelatihan dari Disnakertrans Kalteng di bidang kuliner, dimana pelatihan akan dilakukan di Kuala Kurun. Peserta yang dicari secara keseluruhan berjumlah 20 orang, dengan rincian 10 orang pria dan 10 orang wanita.

“Bagi yang berminat mengikuti pelatihan dari Disnakertrans Kalteng dapat mendaftarkan diri dan mengantar berkas ke kantor Distransnakerkop dan UKM Kabupaten Gumas, hingga 30 Maret 2020 mendatang. Untuk keterangan lebih lanjut dapat menghubungi 081253004506,” jelas Wahyuni.

Baca juga: Legislator Gumas: Semakin banyak calon kades semakin baik

Baca juga: Kepengurusan Forum Anak tingkat kecamatan akan disusun ulang

Baca juga: DPRD ingatkan Dinas PU Gunung Mas segera realisasikan anggaran