ASN Kotim diminta sukseskan sensus online

id ASN Kotim diminta sukseskan sensus online,Pemkab Kotim,Kotawaringin Timur,Sampit,Raihansyah,Kotim,Bupati Kotim,Supian Hadi

ASN Kotim diminta sukseskan sensus online

Kepala Bagian Umum Setda Kotawaringin Timur Raihansyah dan Kepala BPS Kotawaringin Timur Guntur saat sosialisasi sensus penduduk di kalangan ASN, Kamis (12/3/2020). ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah meminta seluruh aparatur sipil negara atau ASN setempat menyukseskan Sensus Penduduk Berbasis Online tahun 2020 yang saat ini sedang berlangsung dan akan berakhir pada 31 Maret nanti.

"Kita sebagai pegawai harus menjadi contoh dan mengajak masyarakat untuk bersama-sama menyukseskan sensus online. Apalagi sensusnya sangat mudah, bisa dilakukan sendiri di rumah melalui telepon seluler," kata Kepala Bagian Umum Sekretariat Daerah Kotawaringin Timur Raihansyah di Sampit, Kamis.

Untuk mendukung program sensus penduduk online ini, Sekretariat Daerah Kotawaringin Timur mengumpulkan pegawai setempat untuk mengikuti sosialisasi yang dipimpin Kepala Badan Pusat Statistik Kotawaringin Timur Guntur.

Menurut Raihansyah, mengisi data sensus sangat penting bagi setiap penduduk karena menjadi data resmi atau legalitas diri sudah terdaftar sebagai penduduk. Hal itu akan memudahkan dalam berbagai urusan dalam hal administrasi kependudukan.

Terlebih Kotawaringin Timur akan menggelar pemilu kepala daerah, penting bagi pemerintah memiliki data valid terkait seluruh penduduk. Bagi penduduk, juga sangat penting diri mereka telah terdaftar secara resmi dalam data kependudukan pemerintah.

Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur mendukung penuh sensus penduduk, bahkan sudah diluncurkan secara resmi di halaman kantor bupati Kotawaringin Timur, beberapa waktu lalu. Untuk itu, sudah seharusnya seluruh pegawai mewujudkan dukungan itu dengan mengisi sensus online secara mandiri.

Pejabat di lingkup Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur juga sudah beramai-ramai mengisi sensus online secara mandiri. Bagi pegawai yang belum mengisi data sensus online, diharapkan segera mengisi data.

Baca juga: Pemkab Kotim dukung penuh sensus penduduk berbasis online

"Inilah keabsahan kita sebagai warga Indonesia. Saya yakin semua bisa mengisi data sensus online secara mandiri. Bupati saja sudah mengisi data, masa kita pegawai tidak mengisi data? Ini penting bagi kita sendiri," ujar Raihansyah.

Kepala Badan Pusat Statistik Kotawaringin Timur Guntur berterima kasih atas dukungan pemerintah daerah. Dia mengajak seluruh masyarakat untuk mengikuti sensus penduduk secara online yang akan berakhir akhir bulan ini.

"Mengisi sensus online tidak sulit. Kalau kita sendiri yang mengisi maka datanya pasti benar. Kalau lewat dari 31 Maret terpaksa didatangi petugas kami pada Juli nanti untuk sensus wawancara," kata Guntur.

Guntur mengatakan, jika warga mengalami kendala mengisi sensus online, Badan Pusat Statistik siap membantu. Seperti hari ini, pihaknya mendampingi enam satuan perangkat daerah untuk membantu pegawai setempat mengisi data sensus online.

Baca juga: Bupati Kotim ajak masyarakat proaktif mengisi data Sensus Penduduk Online

Baca juga: Pemkab Kotim gelontorkan dana pengamanan pilkada Rp5,4 miliar