Amankah ibu hamil makan steak yang tidak matang sempurna?

id steak , ibu hamil,Amankah ibu hamil makan steak yang tidak matang sempurna?

Amankah ibu hamil makan steak yang tidak matang sempurna?

Ilustrasi wanita hamil makan steak (Shutterstock)

Jakarta (ANTARA) - Makanan yang belum matang adalah salah satu pantangan makanan bagi perempuan hamil yang harus memperhatikan diet demi kesehatan janin.

Bagaimana dengan steak yang tingkat kematangannya tidak sempurna alias medium? Menurut dokter ahli kandungan Ivan Sini, ada syarat yang harus dipenuhi sebelum perempuan hamil menyantap stak yang kematangannya tidak sempurna.

“Idealnya, harus makan yang betul-betul matang dalam tiga bulan pertama kehamilan,” kata Ivan dalam peluncuran menu Steak Karambia di restoran Cikang, Jakarta, Kamis.

Baca juga: Hal yang sebaiknya tak dibicarakan dengan ibu hamil

Setelah trimester awal terlewati, ada kelonggaran untuk kaum Hawa yang gemar menyantap daging steak yang lebih juicy dan tidak alot.

Ivan mengatakan, daging adalah makanan ideal untuk dikonsumsi ibu hamil karena kaya zat besi.

“Banyak orang takut makan daging, takut ada kista atau myom, namun daging itu komponen sehat untuk ibu hamil.”

Namun, ia menegaskan sebaiknya memilih restoran yang makanannya terjaga kebersihannya untuk menekan risiko infeksi saluran cerna.

Baca juga: Makanan ini bisa percepat terjadinya kehamilan

Steak well done yang matang sempurna biasanya kering dan tidak juicy dengan tampilan cokelat. Lemak dan “jus” dalam daging sudah habis karena dimasak dalam waktu lama, dagingnya jadi tidak terlalu empuk.

Mereka yang ingin steak lebih juicy dapat memilih tingkat kematangan medium rare di mana bagian dalamnya masih terlihat merah dan tingkat kematangannya hingga 60 persen.

Bisa juga memilih kematangan medium di mana bagian dalam daging masih agak kemerahan. Atau pilih medium well yang hampir matang sempurna, tapi tidak sekeras well done. Tingkat kematangannya sekitar 80 persen.

Baca juga: Yang terjadi pada kulit saat hamil

Baca juga: Aktivitas fisik yang tepat untuk ibu hamil

Baca juga: Penyakit sifilis bisa menular dari ibu hamil hingga ke janin

Baca juga: Vitamin dan mineral wajib bagi ibu hamil