Lomba lari 10 km Sampit disambut antusias

id Lomba lari 10 km Sampit disambut antusias,Pemkab Kotim,Kotawaringin Timur,Lomba lari,Kotim,Sampit,Raihansyah

Lomba lari 10 km Sampit disambut antusias

Ketua PASI Kotawaringin Timur Raihansyah. ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Lomba lari 10 kilometer yang akan digelar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah disambut antusias, ditandai mulai banyaknya peserta yang mendaftar.

"Sampai hari ini kurang lebih 200 peserta yang mendaftar. Peserta berasal dari Buntok, Palangka Raya, Pangkalan Bun, Kapuas, Seruyan dan Kotawaringin Timur sendiri," kata Ketua PASI Kotawaringin Timur Raihansyah di Sampit, Kamis.

Lomba lari 10 km dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-67 Kabupaten Kotawaringin Timur itu digelar di Taman Kota Sampit pada 22 Maret nanti. Kategori yang dilombakan adalah lari 10 km untuk umum putra dan putri, lari 5 km untuk veteran atau usia 45 tahun ke atas dan lari 5 km untuk pelajar putra dan putri.

Pendaftaran masih dibuka dan panitia tidak membatasi berapapun jumlah peserta nantinya. Untuk tahap awal setelah lama tidak digelar, lomba lari kali ini dikhususkan untuk atlet lari di Kalimantan Tengah.

Panitia juga sudah menyurati seluruh sekolah tingkat SMP dan SMA sederajat di Kotawaringin Timur untuk mengirimkan peserta minimal 100 orang untuk tiap sekolah berpartisipasi menjadi peserta lomba lari.

Kegiatan ini diharapkan mampu menggelorakan kembali olahraga lari di Kalimantan Tengah, khususnya di Kotawaringin Timur. Lomba ini akan menjadi ajang bagi atlet lokal untuk mengukur dan meningkatkan kemampuan.

Baca juga: Ini alasan Kopassus latihan penanggulangan teror di Sampit

Raihansyah yakin, Kotawaringin Timur memiliki bibit-bibit pelari yang mempunyai kemampuan mumpuni. Untuk itulah PASI Kotawaringin Timur bertekad meningkatkan pembinaan dengan harapan para atlet tersebut nantinya bisa meraih prestasi tertinggi dan mengharumkan nama daerah.

Panitia sengaja tidak membatasi jumlah peserta karena juga akan memanfaatkan event ini untuk mensosialisasikan kesiapan Kotawaringin Timur yang telah dipercaya menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kalimantan Tengah pada 2022 mendatang.

"Bagi kami PASI Kotawaringin Timur, event ini sekaligus menjadi ajang penjaringan atlet lari 10 km dan 5 km yang nantinya akan dibina dan persiapkan tampil pada Porprov 2022 nanti untuk meraih prestasi. PASI bersama cabang olahraga lainnya akan berjuang keras mewujudkan target menjadi juara umum Porprov 2022," kata Raihansyah.

Dampak positif lainnya, event semakin memperkenalkan Kotawaringin Timur sebagai daerah tujuan wisata di Kalimantan Tengah. Harapannya, semakin banyak wisatawan datang berkunjung ke kabupaten yang memiliki semboyan Habaring Hurung atau bergotong-royong ini.

Baca juga: ASN Kotim diminta sukseskan sensus online

Baca juga: Pemkab Kotim gelontorkan dana pengamanan pilkada Rp5,4 miliar