Dorong koperasi di Kalteng optimalkan kemajuan teknologi informasi

id Pemprov kalteng, kalteng, koperasi, umkm, usaha mikro kecil dan menengah, perekonomian, ekonomi kerakyatan, palangka raya, teknologi informasi, teknol

Dorong koperasi di Kalteng optimalkan kemajuan teknologi informasi

Rakorda perencanaan pusat dan daerah pada 2020 tingkat Pemprov Kalteng di Palangka Raya, Jumat, (13/3/2020). (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)

Palangka Raya (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah terus mendorong dan mengarahkan agar koperasi di wilayah setempat, benar-benar mengoptimalkan kemajuan dan perkembangan teknologi informasi di masa kini.

"Koperasi harus bisa memanfaatkan perkembangan teknologi informasi, dalam hal ini berupa teknologi digital untuk mengembangkan usahanya," kata Sekretaris Daerah Kalteng Fahrizal Fitri di Palangka Raya, Sabtu.

Menurutnya, koperasi yang bergerak di bidang apapun, memerlukan sarana penyebarluasan informasi yang efektif dan efisien guna memasarkan produk maupun jasa yang ditawarkan kepada konsumen.

Melalui teknologi digital yang sistem pengoperasiannya otomatis dengan sistem komputerisasi atau format yang dibaca oleh komputer maupun telepon pintar seperti android, maka akan mempermudah pengembangan koperasi beserta usaha yang dijalankan.

"Melalui instansi terkait, kami terus mengedukasi para pengurus koperasi agar bisa mengikuti perkembangan zaman, salah satunya memanfaatkan kemajuan teknologi informasi tersebut," katanya.

Baca juga: Bazar rutin dorong pengembangan UMKM di Kalteng secara optimal

Baca juga: Wagub dorong masyarakat gunakan produk UMKM Kalteng

Baca juga: ANTARA bantu penyebarluasan informasi koperasi dan UKM di Kalteng secara maksimal


Hal yang sama juga pihaknya lakukan terhadap sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), sehingga keduanya, baik koperasi dan UMKM bisa membantu pemerintah memperkuat ekonomi kerakyatan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat hingga tingkat bawah.

Selama ini pihaknya juga aktif membuat berbagai kegiatan guna memfasilitasi atau mempertemukan koperasi maupun UMKM dengan konsumen. Contohnya seperti pada Jumat (13/3), saat senam bersama seluruh ASN pemprov digelar bazar UMKM guna memasarkan produk-produk yang dimiliki.

"Berbagai terobosan terus kami lakukan agar keduanya, baik koperasi dan UMKM bisa kami optimalkan pengembangannya," jelas Fahrizal.

Baca juga: 10 poin penting menjadi pembahasan utama evaluasi Diskop UKM Kalteng

Baca juga: Pelaku UMKM miliki peran strategis dalam pengembangan pariwisata di Kalteng


Selain itu pihaknya juga terus berupaya membuka akses yang mempertemukan pelaku usaha dengan perbankan, sehingga bisa mengatasi masalah permodalan yang dihadapi.

Ia menjelaskan, Pemprov Kalteng juga baru saja menggelar rakorda perencanaan pusat dan daerah pada 2020, guna menyinkronkan dan merancang program-program baik yang dimiliki pemerintah pusat, pemerintah provinsi maupun kabupaten dan kota.

Baca juga: Kembangkan produk unggulan Kalteng melalui sinergi lintas sektor

Baca juga: Penguatan peran koperasi pada bidang ekonomi di Kalteng