Pelaku UMKM miliki peran strategis dalam pengembangan pariwisata di Kalteng

id Diskop ukm, dinas koperasi, umkm, ukm, kalteng, kalimantan tengah, lies fahimah, produk unggulan, anyaman, batik, ekonomi, perekonomian

Pelaku UMKM miliki peran strategis dalam pengembangan pariwisata di Kalteng

Kadiskop UKM Kalteng Lies Fahimah saat mengunjungi salah satu pelaku UMKM di Kalteng. (ANTARA/Ho-Diskop UKM Kalteng)

Palangka Raya (ANTARA) - Para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Provinsi Kalimantan Tengah dinilai memiliki peran strategis dalam upaya pengembangan sektor pariwisata di wilayah setempat.

"Pelaku UMKM memiliki peran strategis, sebab produk-produk yang mereka hasilkan akan menjadi daya tarik tersendiri dan menambah nilai Kalteng bagi para wisatawan," kata Kepala Dinas Koperasi dan UKM (Diskop UKM) Kalteng Lies Fahimah di Palangka Raya, Jumat.

Menurutnya sudah menjadi kebiasaan bagi setiap wisatawan saat berkunjung ke daerah mana pun, untuk melihat maupun membeli berbagai produk khas daerah tersebut, baik untuk dijadikan oleh-oleh maupun koleksi pribadi.

Lies berharap peluang yang ada itu, bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh para pelaku UMKM di Kalteng karena memiliki banyak manfaat bagi daerah maupun masyarakat. Yaitu berupa peningkatan pertumbuhan perekonomian daerah, serta kesejahteraan masyarakat.

"Kita harus jeli dalam melihat peluang yang tersedia itu. Apabila bisa dimanfaatkan secara maksimal, tentu akan memberi keuntungan bagi kita semua, baik pemerintah maupun masyarakat," tuturnya kepada ANTARA.

Terlebih saat ini berbagai produk Kalteng sudah banyak dikenal dan seringkali dicari oleh masyarakat luar daerah, seperti anyaman dari rotan yang dijadikan sebagai tas hingga sepatu, batik khas daerah yang dikenal dengan sebutan benang bintik hingga berbagai pernak-pernik seperti gelang maupun kalung dari batu-batuan alam.

Lies menyebut, para pelaku UMKM harus terus berpacu dan meningkatkan kualitas dan ragam produk olahannya. Agar dari waktu ke waktu selalu ada yang baru dan hal menarik yang bisa ditawarkan kepada konsumen, termasuk para wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

"Jadi pelaku UMKM dituntut kreatif dan senantiasa berinovasi dalam pengembangan produk-produk yang dihasilkan. Sebab seiring berjalannya waktu tingkat persaingan pun akan semakin ketat," jelas Lies.

Pemprov Kalteng melalui Diskop UKM maupun pemkab dan pemkot, terus memberikan dukungan kepada para pelaku UMKM untuk mengembangkan kemampuan dan jangkauan pasar terhadap produk yang mereka miliki.
 

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar