Bulog Buntok jamin stok beras masih aman

id Bulog Buntok jamin stok beras masih aman,Barsel,Barito Selatan

Bulog Buntok jamin stok beras masih aman

Petugas operasional pada Kantor Cabang Bulog Buntok, Andries T Lembang. ANTARA/Bayu Ilmiawan

Buntok (ANTARA) - Bulog Cabang Buntok Kabupaten Barito Selatan Kalimantan Tengah meminta masyarakat tidak perlu khawatir, apalagi sampai melakukan aksi borong karena stok beras di daerah ini masih aman.

"Beras tersebut aman bagi Kabupaten Barito Selatan dan Kabupaten Barito Timur 5,8 bulan kedepan," kata petugas operasional pada Kantor Cabang Bulog Buntok, Andries T Lembang di Buntok, Jumat.

Ia mengatakan, untuk stok beras yang ada di gudang saat ini sebanyak 381,213 ton. Beras tersebut terdiri dari beras kualitas medium dan kualitas premium untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Menurut Andries T Lembang, beras yang ada di gudang kantor cabang Bulog Buntok tersebut merupakan suplai dari Palangka Raya dan Kabupaten Kapuas. Ketersediaan stok beras selalu dijaga agar tidak sampai kosong karena bisa memicu kenaikan harga.

Andries meminta masyarakat jangan takut dan panik terkait ketersediaan beras di tengah mewabahnya Corona Virus Disease (COVID 19). Dia kembali meyakinkan bahwa stok beras masih aman, bahkan sampai lebaran nanti.

Ia menjelaskan, sementara untuk gula sampai saat ini mengalami kekosongan. Menurutnya, kekosongan itu tidak hanya terjadi di kantor cabang Bulog Buntok, namun di semua Bulog area Kalimantan Tengah. Dia berharap semoga sebelum lebaran ini sudah bisa masuk atau dikirim ke Buntok.

Selain itu ia juga menyampaikan, untuk stok minyak goreng masih banyak, dan demikian halnya dengan stok tepung terigu  juga masih banyak.

Pihaknya juga nantinya berencana melakukan pengadaan stok bawang 500 kg hingga 1 ton untuk melaksanakan pasar penyeimbang yang bekerjasama dengan Dinas Perdagangan, dan UKM Barito Selatan.

"Pasar penyeimbang itu akan dilaksanakan seminggu sebelum lebaran Idul Fitri pada 2020 ini," tambah Andries T Lembang.

Sedangkan untuk stok daging beku saat ini juga jumlahnya juga masih banyak, dan yang tersedia pada kantor cabang Bulog Buntok sebanyak kurang lebih 4 ton.