Kapuas tetap mempersiapkan diri meski MTQ Kalteng ditunda

id Kapuas tetap mempersiapkan diri meski MTQ Kalteng ditunda,Musabaqah,MTQ,Kapuas

Kapuas tetap mempersiapkan diri meski MTQ Kalteng ditunda

Wakil Bupati Kapuas Muhammad Nafiah Ibnor menyerahkan ijazah khatam Al-Quran secara simbolis saat membuka kegiatan pembinaan dan pelatihan peserta MTQ, Jumat (20/3/2020). ANTARA/HO-Diskominfo Kapuas

Kuala Kapuas (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kapuas tetap mempersiapkan diri menghadapi Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Provinsi Kalimantan Tengah dengan melakukan pembinaan, meski pelaksanaannya ditunda lantaran pandemi virus Corona jenis COVID-19 yang sedang melanda.

“Semoga dengan adanya kegiatan pelatihan dan pembinaan kepada peserta ini, ilmu yang diajarkan oleh pelatih dapat diserap sehingga menambah pengetahuan dan kemampuan yang sudah ada. Tampilkan yang terbaik agar mendapat hasil yang maksimal dan mendapat prestasi juara nantinya,” ucap Wabup Nafiah Ibnor saat membuka kegiatan pembinaan dan pelatihan peserta MTQ Kabupaten Kapuas di Kuala Kapuas, Jumat.

Wakil Bupati Kapuas Muhammad Nafiah Ibnor, berharap peserta MTQ Kabupaten Kapuas yang mengikuti pelatihan dan pembinaan peserta yang akan mengikuti MTQ Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah, dapat mengikuti dengan sungguh-sungguh sehingga nantinya bisa memberikan prestasi yang membanggakan bagi daerah.

Menurutnya, pelatihan dan pembinaan peserta MTQ ini merupakan bentuk dukungan dari Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kabupaten Kapuas, agar peserta meningkatkan pengetahuannya dan kemampuannya lebih baik lagi. Untuk itu atas nama Pemerintah Kabupaten Kapuas, Nafiah Ibnor mengucapkan terima kasih dengan adanya kegiatan tersebut.

“Atas nama pemerintah daerah, saya menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan oleh LPTQ Kabupaten Kapuas ini. Saya harap para peserta dapat menampilkan penampilan terbaiknya agar mendapat prestasi yang membanggakan bagi Kabupaten Kapuas,” pintanya.

Terkait wabah virusirus Corona, Nafiah juga meminta agar peserta berhati-hati dan terus menjaga serta memelihara kesehatan diri masing-masing untuk mencegah terkena penyakit ini.

“Saya mengimbau kepada kita semua agar menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat atau PHBS, dan menjalankan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) guna mencegah penyebaran virus Covid-19 ini,” imbau Nafiah Ibnor.

Pembinaan dan pelatihan peserta MTQ ini, nantinya dipersiapkan untuk mengikuti MTQ ke-30 Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah di Buntok, Kabupaten Barito Selatan. Pelaksanaan kegiatannya diundur sampai dengan waktu yang tidak ditentukan kemudian.

Kehadiran Wakil Bupati Kapuas Nafiah Ibnor saat itu, disambut oleh Ketua Umum LPTQ Kabupaten Kapuas KH Muchtar Ruslan bersama Sekretaris LPTQ Kapuas Suwarno Muriyat dan jajaran.

Tampak hadir Kepala Kemenag Kabupaten Kapuas Ahmad Bachruni, Ketua MUI Kabupaten Kapuas Nurani Sarji, Ketua FKUB Kabupaten Kapuas Masyumi Rivai, Kadis Kominfo Kabupaten Kapuas Junaidi, Direktur RSUD Kapuas dr Agus Waluyo dan sejumlah tamu undangan lainnya.

Baca juga: Umat Hindu Kaharingan Kapuas gelar 'mamapas lewu' doakan terhindar bencana

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kapuas Ahmad Bachruni, menyampaikan apresiasinya kepada LPTQ Kabupaten Kapuas yang telah mempersiapkan peserta yang terbaik untuk diikutkan pada MTQ Tingkat Provinsi Kalteng mendatang.

“Saya apresiasi kepada LPTQ dan jajaran melakukan pelatihan secara rutin dan komprehensif karena ini penting sebagai bentuk dukungan dalam persiapan peserta, yang kemudian peserta menjadi siap tampil karena dilatih oleh pelatih yang terbaik pula,” kata Bachruni.

Dia mengaku bangga karena Pemerintah Kabupaten Kapuas, khususnya Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat dan Wakil Bupati Kapuas HM Nafiah Ibnor serta jajaran telah banyak mendukung dan memperhatikan penuh LPTQ Kabupaten Kapuas yang dibuktikan Kapuas mampu mendapat prestasi salah satunya juara satu nasional untuk mobil hias.

Sementara itu, Ketua Umum LPTQ Kabupaten Kapuas KH Muchtar Ruslan dalam laporannya mengatakan, peserta yang diikutkan dalam pelatihan ini sebanyak 40 orang yang terdiri dari semua cabang lomba. Kegiatan pelatihan dan pembinaan ini telah berlangsung dimulai dari Kamis (19/3) hingga pada Sabtu (21/3).

“Kita sudah menyediakan 9 orang pelatih atau pendamping yang akan membina dan melatih peserta. Mudah-mudahan nantinya mendapat prestasi. Ada dua target yang ingin dicapai yaitu mendapat piala dan mendapat pahala,” kata KH Muchtar Ruslan.

Sebelum kegiatan itu dimulai, dilaksanakan sosialisasi kepada peserta mengenai virus Corona beserta pencegahan dan penanganannya yang disampaikan oleh Direktur RSUD Kapuas yang juga selaku anggota Satgas Pencegahan dan Penangganan COVID-19 Kabupaten Kapuas. Selain itu juga dilakukan penyerahan ijazah khatam Al-Quran secara simbolis.

Baca juga: Satpol PP datangi sejumlah tempat keramaian di Kapuas cegah COVID-19

Baca juga: Komisi IV DPRD sidak ke RSUD Kapuas terkait kesiapan penanganan corona


Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar