Kalteng berupaya datangkan 2 juta masker dan 20 ribu APD

id Kalteng, kalimantan tengah, virus corona, covid 19, masker, alat pelindung diri, apd, tenaga medis, masyarakat

Kalteng berupaya datangkan 2 juta masker dan 20 ribu APD

Kalteng menerima APD dari pemerintah pusat yang didistribusikan dan diangkut menggunakan pesawat TNI AU, Palangka Raya, Kamis, (26/3/2020). (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

Palangka Raya (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah berupaya mendatangkan masker dan alat pelindung diri (APD) untuk tenaga medis secara mandiri, dengan melakukan pemesanan kepada pihak ketiga.

"Kami berupaya memesan sebanyak 2 juta masker dan 20 ribu APD kepada pihak ketiga," kata Gubernur Kalteng Sugianto Sabran di Palangka Raya, Kamis.

Ia menjelaskan, saat ini pemprov masih memiliki persediaan masker, hanya saja peruntukannya khusus bagi tim medis dan masyarakat yang benar-benar terkena dampak COVID-19.

Dalam satu harinya berdasarkan laporan Kepala Dinas Kesehatan Kalteng Suyuti Syamsul, tim medis rata-rata menggunakan sebanyak 40 APD dan jumlah yang lebih banyak lagi untuk maskernya.

"Makanya kami berupaya mendatangkan secara mandiri, baik kebutuhan masker maupun APD nya," jelas Sugianto.

Baca juga: Diangkut menggunakan pesawat TNI AU, Kalteng terima 2.000 APD

Baca juga: Tindaklanjuti instruksi presiden, Kalteng realokasi anggaran untuk penanganan COVID-19


Sementara itu tadi pagi di Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya, Kalteng baru saja menerima distribusi sebanyak 2.000 APD dari pemerintah pusat yang diangkut menggunakan pesawat TNI AU jenis CN 295 A 2907.

APD itu diterima secara langsung oleh Komandan Korem 102 Panju Panjung Kolonel Arm Saiful Rizal dan kemudian diserahkan kepada gubernur, untuk kemudian disalurkan kepada masing-masing fasilitas kesehatan di kabupaten dan kota.

APD tersebut akan disalurkan setelah Tim Gugus Percepatan Penanganan COVID-19 Kalteng selesai melakukan pemetaan, sehingga penyaluran APD bisa dilakukan secara efektif dan efisien sesuai skala prioritas dan kebutuhan masing-masing daerah.

Baca juga: Pergerakan pesawat dan penumpang Bandara Tjilik Riwut turun hingga 50 persen

Baca juga: Lagi, jumlah kasus positif COVID-19 di Kalteng bertambah menjadi empat


Wakil Ketua Tim Gugus Percepatan Penanganan COVID-19 Kalteng Suyuti Syamsul membenarkan hal tersebut, bahwa saat ini pemprov berupaya mendatangkan 2 juta masker dan 20 ribu APD.

"Dalam proses ya dan semoga barangnya tersedia. Untuk APD sepenuhnya untuk petugas, sementara untuk masker rencanannya sebagian untuk masyarakat," jelas Kepala Dinas Kesehatan Kalteng tersebut melalui pesan singkat.

Baca juga: Cegah COVID-19, masuk Makodim Muara Teweh harus patuhi SOP

Baca juga: Cegah Covid-19 tak harus menutup aktivitas ekonomi masyarakat Lamandau

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar