Wakil Bupati sarankan masyarakat Seruyan rutin berjemur di pagi hari

id Kalimantan Tengah,Kalteng,Kabupaten Seruyan,Seruyan,Wakil Bupati Seruyan,Iswanti,virus corona,corona,covid-19

Wakil Bupati sarankan masyarakat Seruyan rutin berjemur di pagi hari

Wakil Bupati Seruyan Iswanti saat berjemur di sinar matahari, beberapa waktu lalu. ANTARA/HO-Dokumentasi Pribadi

Kuala Pembuang, Seruyan (ANTARA) - Wakil Bupati Seruyan, Kalimantan Tengah Iswanti menyarankan kepada seluruh lapisan masyarakat untuk berjemur pagi hari sekitar jam 10:00 sampai 11:00 WIB minimal 15 menit, sebagai upauya mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19.

"Berjemur minimal 15 menit pada paparan matahari mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan begitu, tidak mudah terserang virus corona," kata Iswanti di Kuala Pembuang, Selasa.

Menurutnya, dengan berjemur di pagi hari. Manfaatnya agar tubuh memperoleh asupan vitamin D yang cukup dari paparan sinar UV. Aktivitas berjemur yang dipraktikkan dengan cara yang tepat justru dapat membuat tubuh mendapatkan vitamin D, terutama di tengah pandemi virus Corona seperti saat ini.

Perempuan yang pernah menjadi anggota DPRD Kalteng itu mengatakan, tubuh membutuhkan vitamin D untuk pertumbuhan tulang dan pencegahan penyakit, seperti Covid-19 yang disebabkan oleh virus Corona.

"Kalau kekebalan tubuh meningkat, maka virus tidak akan mudah masuk ke dalam tubuh. Itulah pentingnya berjemur di matahari pada pagi hari," kata Iswanti.

Baca juga: DPRD Seruyan sediakan bilik desinfektan di pintu masuk kantor

Wakil Bupati Seruyan itu pun mengharapkan dengan dilakukannya hal tersebut dapat membuat badan menjadi sehat dan meningkatkan kekebalan tubuh serta terhindar dari segala penyakit. Setelah berjemur pagi hari disarankan juga jangan langsung istirahat di ruangan ber-AC atau dingin karena bisa mengakibatkan flu.

“Misalnya setelah berjemur tentu akan keringatan, makanya di keringkan terlebih dahulu atau di keringkan dengan handuk supaya cepat kering,” jelasnya.

Kemudian, masyarakat juga diingatkan untuk menjaga jarak atau kontak fisik, hindari kerumunan masa dan mencuci tangan 30 menit sekali atau setelah beraktivitas serta minum vitamin C yang cukup bisa juga dari buah-buahan seperti jeruk.

Baca juga: Posko Penanganan COVID-19 jangan sebatas formalitas, kata Ketua DPRD Seruyan

Baca juga: Konsumsi tanaman ini, Yulhaidir mengaku semakin sehat

Pewarta :
Uploader : Admin 3
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar