FIFA akan rogoh dana simpanan bantu financial klub terdampak corona

id Fifa, dana simpanan fifa, klub sepakbola terdampak corona

FIFA akan rogoh dana simpanan bantu financial klub terdampak corona

FIFA siap sumbang Rp150,8 miliar dana solidaritas WHO lawan COVID-19

Jakarta (ANTARA) - FIFA tengah meninjau rincian inisiatif "Marsekal Sepak Bola" yang dirancang untuk membantu kesulitan finansial sejumlah klub yang terdampak pandemi virus corona, yang kemungkinan bakal membuat badan sepak bola dunia itu merogoh 2,7 miliar dolar AS dana simpanan mereka.

Sebuah kelompok kerja dibentuk FIFA untuk memetakan masalah yang ditimbulkan karena penundaan berbagai kompetisi akibat pandemi virus corona dan pekan ini diharapkan sudah ada hasil bagaimana pola penyaluran dana bagi klub-klub yang terdampak.

Baca juga: FIFA gandeng WHO untuk perangi pandemi corona

Juru bicara FIFA menyatakan bahwa pihaknya menyadari ada ancaman finansial serius bagi klub-klub sepak bola karena pandemi virus corona.

"Hal ini mengancam bakal merusak kemampuan para anggota FIFA dan berbagai organisasi sepak bola seperti liga dan klub untuk mengembangkan, membiayai dan menjalankan aktivitas sepak bola mereka di semua level, baik profesional, amatir, pembinaan maupun akar rumput," demikian kata juru bicara sumber Reuters tersebut, Selasa malam.

"Bisa diprediksi di banyak belahan dunia mereka yang terlibat dalam sepak bola putra maupun putri akan terjebak dalam kesulitan ekonomi kritis," ujarnya menambahkan.

Baca juga: FIFA siap sumbang Rp150,8 miliar dana solidaritas WHO lawan COVID-19

Oleh karena itu, mengingat FIFA punya kondisi keuangan yang cukup sehat, sudah sewajarnya mereka menginisiasi bantuan.

Hal itu selaras dengan pernyataan Gianni Infantino saat berkampanye pemilihan presiden FIFA pada 2016 yang menyatakan: "Uang FIFA adalah uang para anggota, bukan kepunyaan Presiden FIFA"

Saat ini, hampir semua kompetisi sepak bola di dunia tengah ditangguhkan karena pandemi virus corona, yang bahkan memaksa Euro dan Copa America ditunda ke tahun depan.

Sebelumnya, dalam bocoran dokumen internal FIFA, mereka berinisiatif mengatur regulasi agar kontrak para pemain, pelatih dan staf setiap klub bisa berlaku hingga musim ini berakhir selepas penangguhan rampung.