Wabup Gunung Mas minta camat pacu percepatan penyaluran dana desa

id Wabup Gunung Mas minta camat pacu percepatan penyaluran dana desa, kalteng, gumas, Gunung mas

Wabup Gunung Mas minta camat pacu percepatan penyaluran dana desa

Wakil Bupati Gunung Mas Efrensia LP Umbing, Sekda Richard dan Kepala DPMD Yulius menyaksikan salah satu camat menandatangani pakta integritas di Kuala Kurun, Rabu (3/4/2024). ANTARA/Chandra

Kuala Kurun (ANTARA) - Wakil Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Efrensia LP Umbing meminta kepada para camat agar dapat memacu percepatan penyaluran Dana Desa (DD) tahun 2024 di wilayah kerja masing-masing.

“Hingga saat ini, dari 114 desa yang ada di Gunung Mas baru sebagian kecil saja yang sudah mengajukan pencairan DD tahap pertama,” ucap Efrensia di Kuala Kurun, Rabu.

DD merupakan salah satu instrumen penting dalam mendukung pembangunan di tingkat pedesaan, yang memungkinkan pemerintah untuk mewujudkan berbagai program dan kegiatan yang menjadi kebutuhan mendasar masyarakat desa.

Oleh sebab itu, penyaluran DD sangat penting dan hendaknya dapat dilakukan sejak dini, sehingga berbagai program kegiatan dapat segera dilakukan dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat desa.

Baca juga: Polres Gumas siapkan tiga pos pengamanan selama Operasi Ketupat 2024

Perempuan pertama yang menjadi Wabup Gunung Mas ini menyebut, selain DD, penyaluran ADD juga harus dipercepat, mengingat anggaran tersebut juga merupakan salah satu instrumen penting dalam mendukung pembangunan di desa.

“Pemkab Gunung Mas juga berupaya melakukan perubahan supaya proses penyaluran DD dan ADD dapat berjalan dengan baik dan benar. Salah satu upaya dimaksud diwujudkan melalui penandatangan pakta integritas yang kita laksanakan hari ini,” sambung dia.

Penandatanganan pakta integritas dilakukan antara Sekretaris Daerah Gunung Mas Richard dengan 12 camat yang ada di kabupaten bermoto ‘Habangkalan Penyang Karuhei Tatau’. Turut menyaksikan Wakil Bupati, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Gunung Mas Yulius, dan lainnya.

Dalam pakta integritas tersebut para camat berkomitmen dalam sejumlah hal, dalam rangka percepatan penyampaian laporan realisasi akhir tahun anggaran 2023, posting Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) 2024, serta percepatan penyaluran ADD dan DD 2024.

“Dengan penandatanganan pakta integritas ini, kita semua berkomitmen untuk melaksanakan tugas kita dengan penuh tanggung jawab, transparan, dan akuntabel,” demikian Efrensia.

Baca juga: Wabup berharap banyak pemuda Gumas lolos seleksi PPAP Kemenpora

Baca juga: PT SLK berbagi keberkahan bersama anak yatim dan lansia saat Ramadhan

Baca juga: PT SLK edukasi anak-anak pentingnya jaga kesehatan gigi dan mulut