Karang Taruna Bartim jadi relawan penanggulangan COVID-19

id Karang Taruna Bartim jadi relawan penanggulangan COVID-19,Barito Timur, Karang Taruna

Karang Taruna Bartim jadi relawan penanggulangan COVID-19

Salah satu anggota Karang Taruna melakukan penyemprotan cairan desinfektan di Masjid Al Irsad di Desa Bagok Kecamatan Benua Lima, Sabtu (4/4/2020) kemarin. ANTARA/HO-Karang Taruna Bartim

Tamiang Layang (ANTARA) - Karang Taruna Kabupaten Barito Timur Kalimantan Tengah ikut membantu pemerintah dalam menanggulangi Corona Virus Disease (COVID-19) dengan menjadi relawan penyemprotan cairan desinfektan.

“Ini merupakan inisiatif kita dan kita berikan intruksikan kepada Karang Taruna Kecamatan dan desa untuk turut serta menjadi relawan sesuai wilayah masing-masing,” kata Ketua Karang Taruna Kabupaten Bartim Santai Nyawit Nyawit di Tamiang Layang, Sabtu.
 
Santai Nyawit mengatakan, selain melakukan penyemprotan, pihaknya juga ikut mensosialisasikan pola hidup bersih dan sehat (PHBS), pembatasan sosial, pembatasan fisik dan maklumat Kapolri

Menuurtnya, langkah pencegahan dan penanggulangan COVID-19 yang dilakukan di kecamatan dan desa sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di Kabupaten Bartim yang saat ini sebagai zona kuning.

Dijelaskan Santai, penyemprotan cairan desinfektan dilakukan pada fasilitas umum di kecamatan dan desa seperti gereja, masjid dan mushalla, pasar dan pada perkantoran seperti kantor desa, BPD, kantor kecamatan, polsek, koramil dan rumah-rumah warga.

“Karang Taruna Kecamatan berkoordinasi dengan pihak kecamatan, sedangkan di tingkat desa berkordinasi dengan kepala desa,” kata Santai.

Saat ini sudah ada Karang Taruna di beberapa kecamatan dan desa yang melaksanakan penyemprotan dan sosialisasi PHBS dan maklumat Kapolri. Ada pula yang sedang melaksanakan dan sedang dalam tahapan merencanakan kegiatannya.

“Ada juga Karang Taruna yang berkolaborasi dengan PKK desa membuat masker secara swadaya dan dibagikan secara gratis kepada masyarakat desa setempat, menyediakan tempat cuci tangan untuk ditempatkan di wilayah desa. Hal ini merupakan hal positif yang telah dilaksankan Karang Taruna,” katanya.

Karang Taruna Bartim dalam pencegahan pandemi COVID-19, akan tetap berpartisipasi secara sukarela membantu pemerintah terkait kegiatan yang bersifat penanggulan COVID-19.

Mensosialisasikan imbauan pemerintah dan mentaatinya, terutama yang berkaitan dengan pembatasan sosial dan pembatasan fisik, dan perilaku pola hidup sehat dan bersih.

“Penyesuaian program kerja Karang Taruna untuk diarahkan untuk membantu pemerintah dalam pencegahan, penanggulangan COVID-19 dan memanfaatkan teknologi informasi dan media sosial untuk penyebaran informasi kebijakan pemerintah,” demikian Santai.

Baca juga: DPRD sepakati program kerja penanggulangan COVID-19 di Bartim

Baca juga: Serapan anggaran triwulan I APBD Bartim dibahas secara daring

Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar