Legislator Gumas gandeng penjahit lokal siapkan masker untuk masyarakat

id Evandi djuang, dprd gunung mas, legislator gumas, masker kain, corona, covid 19

Legislator Gumas gandeng penjahit lokal siapkan masker untuk masyarakat

Legislator Gumas Evandi (kanan) menyerahkan bahan membuat masker kepada penjahit di Kelurahan Tumbang Miri Kecamatan Kahayan Hulu Utara Nadi, Selasa (7/4/2020). (ANTARA/Chandra)

Kuala Kurun (ANTARA) - Legislator Gunung Mas, Kalimantan Tengah Evandi Djuang menggandeng penjahit lokal untuk membuat masker yang akan dibagikan kepada masyarakat, guna mencegah penyebaran virus corona jenis baru COVID-19.

"Saya menyiapkan bahan-bahannya, sedangkan untuk menjahit dilakukan oleh penjahit di Kelurahan Tumbang Miri, Kecamatan Kahayan Hulu Utara," ucap Evandi saat dibincangi di Kelurahan Tumbang Miri, Selasa.

Ketua Fraksi NasDem DPRD Kabupaten Gumas itu menyebut, saat ini pemerintah sudah menganjurkan masyarakat, baik yang sehat maupun yang sakit, agar menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah.

Baca juga: Ribuan buku siap temani masyarakat Gumas selama #dirumahaja

Hanya saja, ujar legislator yang berasal dari daerah pemilihan III yang meliputi Kecamatan Tewah, Kahayan Hulu Utara, Miri Manasa, dan Damang Batu ini, saat ini harga masker relatif mahal.

Oleh sebab itu, guna membantu masyarakat dalam menghadapi pandemi COVID-19, dia berinisiatif menjalin kerjasama dengan penjahit lokal untuk menyediakan masker kain yang akan dibagikan kepada masyarakat secara gratis.

"Saya memilih bekerja sama dengan penjahit dari Kelurahan Tumbang Miri, yakni Pak Nadi, karena beliau mau berpartisipasi dalam membantu pencegahan penularan COVID-19 di wilayah Kabupaten Gumas," tutur Evandi.

Baca juga: Fraksi Partai Golkar DPRD Gumas ajak PBS bantu cegah penyebaran COVID-19

Menurut dia, biaya membuat masker lebih hemat jika dibandingkan dengan membeli di pasaran. Dengan demikian jumlah masker yang dapat dibagikan ke masyarakat juga lebih banyak.

Lebih lanjut, dia juga mengajak masyarakat agar membuat masker sendiri, dari pada membeli masker di pasaran. Dalam membuat masker tidak perlu bagus, yang penting dapat berfungsi dan bermanfaat bagi masyarakat.

“Bisa saja masker dibikin secara manual, buat sendiri di rumah. Yang penting dapat dipakai dan bermanfaat untuk mencegah penyebaran penularan COVID-19, sehingga harga masker kembali normal,” paparnya.

Nadi mengatakan dirinya memiliki keinginan untuk turut membantu masyarakat dalam hal penyediaan masker. Oleh sebab itu, ia menyambut baik kerjasama antara dirinya dengan legislator Kabupaten Gumas Evandi.

“Secepatnya akan saya selesaikan, supaya masyarakat dapat segera memanfaatkan. Nanti kita lihat jadi berapa masker dengan bahan-bahan yang telah disiapkan oleh Pak Evandi,” demikian Nadi.

Baca juga: DPKP Gumas manfaatkan berbagai peluang pacu PAD

Baca juga: Tidak ada PBS di Gumas lakukan PHK akibat COVID-19

Baca juga: Kondisi pasien ODP di Gunung Mas semakin membaik


Pewarta :
Uploader : Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar