Pemkab Barsel kembali terbitkan surat edaran imbauan pelaksanaan kegiatan keagamaan

id Pemkab Barsel,Barito Selatan,Barsel,Bupati Barito Selatan, Eddy Raya Samsuri ,surat edaran imbauan pelaksanaan kegiatan keagamaan

Pemkab Barsel kembali terbitkan surat edaran imbauan pelaksanaan kegiatan keagamaan

Bupati Barito Selatan, Eddy Raya Samsuri (tiga dari kiri) saat mengikuti teleconference dengan Mendagri di Buntok, Kamis (9/4). ANTARA/Bayu Ilmiawan.

Buntok, Kalteng (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah kembali menerbitkan surat edaran imbauan terkait pelaksanaan kegiatan keagamaan.

Didalam surat imbauan yang ditandatangani Bupati Barito Selatan, Eddy Raya Samsuri itu mengimbau kepada seluruh masyarakat agar kegiatan pelaksanaan shalat ibadah malam Nisfu Sa'ban supaya dilaksanakan dirumah masing-masing.

"Begitu juga dengan pelaksanaan shalat Jumat diganti dengan sholat Zuhur yang dilaksanakan dirumah masing-masing," kata Bupati Barito Selatan, Eddy Raya Samsuri, di Buntok, Kamis.

Sedangkan pelaksanaan ibadah bagi umat Nasrani, Katolik, Hindu, Budha dan Konghucu secara tatap muka, dan atau massal atau berjamaah dapat diganti dengan memanfaatkan teknologi digital dan media sosial.

Ia mengatakan, untuk pelaksaan shalat Jumat di masjid masjid bagi umat Islam dan pelaksanaan ibadah bagi agama lainnya ditiadakan pelaksanaannya sampai ada pernyataan resmi dari pemerintah daerah yang menyatakan keadaan telah aman dari COVID-19.

Menurut dia, surat edaran imbauan ini diterbitkan dengan memperhatikan fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Nomor 14/2020 tentang penyelenggaraan ibadah dalam situasi wabah Corona Virus Disease 19 (COVID-19).

"Selain itu surat edaran ini diterbitkan berdasarkan hasil rapat koordinasi dengan tokoh dan ormas lintas agama pada 07 April 2020 di ruang kerja Bupati Barito Selatan," kata Eddy Raya Samsuri.

Ia menyampaikan, Pemerintah Kabupaten Barito Selatan akan terus mengevaluasi situasi yang berkembang terkait penyebaran COVID-19 di daerah ini.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat agar terus menjaga kebersihan diri dan lingkungan, serta memperbanyak doa agar Kabupaten Barito Selatan terhindar dari wabah COVID 19.

Disamping itu Bupati juga mengimbau kepada masyarakat agar mengikuti anjuran pemerintah dengan menerapkan Physical Distancing dengan menjaga jarak, karena metode tersebut sangat efektif dalam memutus mata rantai penyebaran COVID-19.