Kegiatan yang makin digemari selama karantina

id kegiatan menulis dan membaca,karantina mandiri,Kegiatan yang makin digemari selama karantina.,dampak corona,covid 19

Kegiatan yang makin digemari selama karantina

Ilustrasi (Pixabay)

Jakarta (ANTARA) - Waktu luang tambahan selama berdiam diri di rumah di tengah pandemi COVID-19 turut mempengaruhi pertumbuhan pengguna platform lokal menulis dan membaca digital Storial.

Selama kuartal pertama tahun 2020, Storial mencatat pertumbuhan pengguna hingga tiga kali lipat, data tertinggi dirangkum selama masa karantina pada Maret hingga Mei dari berbagai wilayah seluruh Indonesia.

CEO Storial Steve Wirawan mengatakan peningkatan traffic naik 350 persen dibandingkan sebelum karantina.

"Masa karantina adalah hal yang sulit, terutama menghadapi tantangan aktualisasi diri yang terbatas social distancing. Di saat yang bersamaan, kita juga memiliki waktu yang lebih banyak untuk mengeksplorasi dan mengadopsi teknologi," kata Steve dalam siaran resmi, Kamis.

Baca juga: Berikut daftar selebritas paling dicari selama masa karantina COVID-19

"Platform kami yang menawarkan interaksi langsung ternyata menjadi pilihan para penulis dan pembaca untuk tetap bisa terhubung. Masing-masing pengguna di Storial dapat mengunggah cerita mereka untuk dinikmati oleh semua orang."

Durasi pembaca dalam mengakses cerita juga lebih lama dibandingkan sebelumnya, tiga kali lebih banyak dari biasanya. Rata-rata pembaca melahap 60 bab setiap pekan.

Ini juga berpengaruh terhadap pembelian koin Storial untuk mengakses bab-bab premium. Semakin banyak pengguna yang membeli koin untuk membaca cerita dari penulis yang tergabung dalam premium writer, penulis yang dikurasi oleh tim editorial serta telah menghasilkan minimal 10 bab dan diakses setidaknya 2000 view.

Baca juga: Hal yang dirindukan Jefri Nichol selama karantina

"Para premium writer berpotensi untuk mendapatkan royalti dari karyanya setelah tulisannya di review oleh tim editor Storial. Dari menulis cerita di Storial, beberapa penulis kami ada yang mendapat royalti hingga lima kali lipat dari UMR di kota mereka per bulannya," imbuh Steve.

Para penulis bisa memonetisasi per bab tulisan dengan penghitungan royalti secara transparan, kata Steve.

Platform digital membuat karya penulis bisa dinikmati oleh pembaca se-Indonesia. Steve menambahkan, platform tersebut juga dapat jadi wadah untuk penulis di berbagai kota yang potensial.

"Kami percaya Storial dapat menjadi platform yang turut berperan dalam menjembatani karya penulis lokal untuk dinikmati oleh lebih banyak pembaca."

Baca juga: Ulah sepuluh bintang sepakbola saat karantina Corona

Baca juga: Tips rayakan ulang tahun secara 'online' saat karantina

Baca juga: Tips tetap akur dengan pasangan selama masa karantina di rumah