Usai olahraga, sebaiknya mandi air dingin atau hangat?

id Usai olahraga, sebaiknya mandi air dingin atau hangat setelah olahraga,keringat,bugar,tubuh sehat,joging

Usai olahraga, sebaiknya mandi air dingin atau hangat?

Ilustrasi mandi (Pixabay)

Jakarta (ANTARA) - Sebagian Anda memilih mandi menggunakan air dingin dan sebagian lain dengan air hangat usai berolahraga dan masing-masing mengklaim cara ini terbaik untuk tubuh yang kelelahan.

Mana yang lebih baik? Bisa keduanya. Pemulihan pasca-latihan sangat penting, dan itu bervariasi untuk semua orang.

"Jika Anda aktif membantu pemulihan Anda setelah latihan yang intens (dengan) peregangan, yoga, dan lainnya kemudian mandi air hangat bergantian atau mandi air dingin akan membantu," kata dokter Kristin Maynes seperti dilansir Shape dan Popsugar.

Baca juga: Apakah olahraga selama lima menit bisa efektif?

Dia menyarankan Anda mencari tahu jenis air yang cocok dengan tubuh, apakah hangat atau dingin, atau bahkan keduanya bergantian.

Air dingin setelah latihan mengurangi mengurangi peradangan, menguatkan otot dan persendian — sehingga mengurangi rasa sakit (seperti halnya cedera). Ini sangat penting untuk pemulihan segera, menurut Maynes.

"Ini seperti tombol jeda dalam penyembuhan untuk mengurangi respons cepat tubuh terhadap cedera, yang kadang-kadang bisa sangat menyakitkan," ujar dia.

Setelahnya, Anda bisa beralih mandi menggunakan air hangat karena bisa meningkatkan pemulihan otot dan sendi, menghilangkan semua penumpukan sel-sel inflamasi, sel-sel mati, penumpukan jaringan parut dan lainnya.

Baca juga: Rajin olahraga tapi lemak masih menumpuk? Ini alasannya

Terkadang Anda sulit berjalan setelah lelah berjalan kaki? Cobalah mandi air dingin lalu hangat. Cara ini membantu meningkatkan mobilitas struktur tubuh sehingga kekakuan tidak terjadi.

"Ini sangat baik untuk digunakan pada tahap cedera subakut dan kronis," kata Maynes.

Rendy Dijaya Muliadi dari Health and Nutrition Science di Nutrifood Center mengingatkan Anda mengambil jeda antara mandi setelah berolahraga, agar tubuh tidak kaget karena perubahan suhu yang mendadak. Jadi, usai berolahraga tunggulah beberapa sebelum mengguyur air tubuh Anda.

Baca juga: Tanda tubuh kebanyakan berolahraga bisa dilihat dari rambut dan kuku

Baca juga: Yang harus diperhatikan saat olahraga menggunakan masker

Baca juga: Cara lain jika tidak bisa 'push up' di lantai