Amankah menginap di hotel di masa adaptasi kebiasaan baru?

id Amankah menginap di hotel di masa adaptasi kebiasaan baru,hotel,nginap di hotel di masa normal baru,new normal,liburan

Amankah menginap di hotel di masa adaptasi kebiasaan baru?

Ilustrasi - Kamar Grand Deluxe di hotel Sari Pacific Jakarta, Jumat (17/7/2020) (ANTARA/Nanien Yuniar)

Jakarta (ANTARA) - Sebagian besar hotel saat ini sudah mulai menerapkan protokol kesehatan, hal yang bisa dicari lewat fitur-fitur baru yang diterapkan berbagai biro perjalanan daring, termasuk Pegipegi yang punya filter “Clean and Safe Stay”.

Lalu, bagaimana memastikan kebersihan dan keamanannya?

Ketika menginap di hotel, Anda dapat mengetahui apakah hotel tersebut telah dibersihkan dan diberikan disinfektan secara benar yaitu dengan memeriksa kamar mandi dan melihat apakah kamarnya bebas debu.

Kamar mandi merupakan area utama untuk diperiksa terlebih dahulu, yang juga akan menjadi indikator utama apakah hotel ini bersih dan aman.

Baca juga: Protokol baru yang diterapkan restoran hotel berbintang

Selain itu, Anda juga bisa mengecek apakah hotel telah menempatkan hand sanitizer di tempat-tempat umum.

Biasanya, area yang “wajib” ada hand sanitizer adalah di area masuk dan di area lift, serta area umum lainnya.

Dikutip dari siaran resmi Pegipegi, selama menginap di hotel, Anda harus sadar benar bahwa di sana tentu akan bersinggungan dengan orang yang tidak dikenal.

Selain itu, juga perlu menerapkan protokol kesehatan dengan menggunakan masker setiap saat di area umum hotel, serta menjaga jarak 1-2 meter.

Jika Anda ke area kolam renang, hal yang patut diperhatikan bukan pada aktivitas berenangnya, melainkan pada banyaknya orang yang ada di area tersebut.

Tetap menjaga jarak adalah yang terbaik. Risiko tertular virus di kolam atau taman air sebenarnya lebih besar berasal dari orang-orang yang ada di sana. Para ahli sepakat bahwa klorin dan bromin yang ada di kolam air dapat membunuh virus.

Baca juga: Salah satu hotel terbaik dunia ada di Bali

Selanjutnya saat makan di area hotel, hal terbaik yang bisa Anda pilih saat ini adalah layanan kamar.

Jika makan di area restoran, pastikan bahwa hotel telah menerapkan kebersihan tinggi untuk peralatan makan dan staf yang bertugas dengan sigap membantu mengambil makanan untuk menurunkan risiko interaksi di area tersebut.

Hotel yang telah menerapkan protokol kesehatan fokus pada empat hal utama, yakni memastikan lingkungan higienis, memastikan kebersihan kamar maksimal, memastikan staf terlatih untuk menerapkan protokol kesehatan dan menerapkan kebersihan restoran dan laundry.

Pada saat check-in, Anda dapat bertanya tentang seberapa sering kamar hotel dibersihkan, agar Anda tahu seberapa aman menginap di hotel.

Tanyakan juga mengenai produk kebersihan apa yang digunakan oleh hotel. Sebelum menanyakan ini, Anda perlu mencari tahu terlebih dahulu produk mana yang aman yang digunakan dan memenuhi standar kesehatan juga keselamatan yang tinggi.

Baca juga: Mewahnya hotel di Hanoi, hingga bak mandi dan toilet pun berlapis emas

Baca juga: 23 hotel di daerah ini peroleh sertifikat bebas COVID-19

Baca juga: Hotel bebas COVID-19 bisa tarik wisatawan

Pewarta :
Uploader : Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar