Tingkatkan kemampuan tim, PT Trieka Agro Nusantara gandeng Manggala Agni gelar pelatihan pengendalian karhutla

id Tingkatkan kemampuan tim, PT Trieka Agro Nusantara gandeng Manggala Agni gelar pelatihan pengendalian karhutla, PT TAN, karhutla, perkebunan sawit, sa

Tingkatkan kemampuan tim, PT Trieka Agro Nusantara gandeng Manggala Agni gelar pelatihan pengendalian karhutla

Tim Satgas karhutla TAN dan anggota Manggala Agni berfoto bersama usai pelatihan, belum lama ini. ANTARA/HO-Dokumentasi TAN

Nanga Bulik (ANTARA) - Sebagai upaya meningkatkan kemapuan tim dalam menghadapi musim kemarau panjang, PT Trieka Agro Nusantara (TAN) bersama Balai Pengendalian Perubahan Iklim, Kebakaran Hutan dan Lahan Manggala Agni Kalimantan (BPPIKHL) memberikan pelatihan pengendalian kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) kepada Tim Satuan Tugas Pengendalian Karhutla (Satgas Karhutla) milik desa-desa di Kabupaten Lamandau, Kalimantan Tengah.

Pelatihan yang diberikan mencakup teori dasar pencegahan dan pengendalian kebakaran, hingga teknik dan strategi penanganan Karhutla, kata Direktur Utama TAN, George Oetomo.

"Selain itu juga terdapat praktek simulasi kebakaran. Yang mana pelatihan tersebut dilaksanakan selama tiga hari berturut-turut sejak tanggal 13 Juli 2020 dan dipusatkan di Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah," tambah George di Nanga Bulik, Kamis.

Dikatakannya, seluruh rangkaian kegiatan pencegahan karhutla ini merupakan contoh nyata komitmen perusahaan dalam mendukung upaya pemerintah mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

Kegiatan pelatihan tersebut juga merupakan satu rangkaian dari program Desa Makmur Peduli Api (DMPA) yang bertujuan untuk memberdayakan ekonomi desa agar dapat tumbuh makmur dan juga mencegah terjadinya bencana kebakaran.

"Kami (TAN) akan terus berusaha agar program ini terus berjalan sehingga ekonomi di desa binaan kami terus berkembang dan kasus karhutla dapat diminimalisir," ucap George

Terpisah, Estate Manager TAN, Frans A. P Girsang menyebutkan, sebelumnya, TAN bekerjasama dengan Muspika Kecamatan Lamandau telah meresmikan Posko Bersama dan juga melakukan Apel Kesiapsiagaan Pengendalian Karhutla bersama enam Kelompok Tani Peduli Api (KTPA) dari desa sekitar perusahaan, yaitu Desa Panopa, Desa Karang Taba, Desa Kawa, Desa Cuhai, Desa Tanjung Beringin dan Desa Sungai Tuat.

"TAN secara rutin juga memberikan pelatihan kepada Tim Satgas karhutla, minimal dua kali dalam setahun di internal perusahaan, sebagai upaya mempersiapkan diri menghadapi musibah karhutla, sebab ancaman karhutla dapat terjadi kapanpun," ungkap Frans.

Sementara itu, S Heri Budianto dari Tim Manggala Agni mengatakan, TAN telah melakukan peningkatan kapasitas semua personel Tim Satgas Karhutla agar siap menghadapi bencana kebakaran.

"Semoga dengan pelatihan ini dapat membantu semua tim untuk menjaga wilayahnya dari ancaman karhutla,” demikian Heri.

Baca juga: PT Mega Ika Khansa gandeng Manggala Agni gelar pelatihan pengendalian karhutla

Baca juga: Realisasi APBD Lamandau belum mencapai target

Baca juga: Lamandau mulai normal, tersisa tiga desa tergenang


Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar