Lomba tebak busana adat Presiden-Ibu Negara saat HUT RI

id busana adat Presiden-Ibu Negara saat HUT RI,Lomba tebak busana adat Presiden-Ibu Negara saat HUT RI,hari kemerdekaan

Lomba tebak busana adat Presiden-Ibu Negara saat HUT RI

Konferensi pers "Menyambut HUT ke-75 Kemerdekaan RI Tahun 2020" di kantor Presiden Jakarta, Kamis (6/8/2020). ANTARA/HO-Biro Pers Setpres/Lukas/am.

Jakarta (ANTARA) - Masyarakat diundang untuk mengikut lomba tebak busana adat yang akan dikenakan Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo dalam Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Republik Indonesia pada 17 Agustus 2020.

"Salah satu yang paling menarik kalau kita menanti peringatan hari ulang tahun kemerdekaan RI di Istana adalah kehadiran Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara, mereka akan pakai busana nasional apa? Saya pribadi sering salah kalau menebak-nebak," ujar Imam Priyono, moderator dalam acara Konferensi Pers Terkait Peringatan HUT ke-75 Republik Indonesia yang digelar di Kantor Presiden di Jakarta, Kamis.

Memang beberapa tahun terakhir, pelaksanaan peringatan HUT RI di halaman Istana Merdeka diwarnai dengan busana-busana Nusantara yang dikenakan para tamu undangan, termasuk Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana yang selalu mengenakan busana adat yang berbeda di tiap tahunnya.

Tak jarang, masyarakat menerka-nerka apa yang akan dikenakan Presiden dan Ibu Negara.

Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono mengatakan panitia penyelenggara menggelar lomba untuk menebak busana adat apa yang nantinya akan dikenakan Presiden dan Ibu Negara pada 17 Agustus 2020.

Baca juga: Legislator Palangka Raya ajak masyarakat semarakkan HUT Kemerdekaan RI

"Ini mungkin daya tarik tersendiri bagi pemirsa. Masyarakat bisa menebak saat itu Pak Presiden dan Ibu Negara mengenakan pakaian apa. Nanti bisa mendaftar dan menebak, kemudian disampaikan ke website panitia yang resmi," kata Heru.

Lima orang pendaftar yang lebih dulu dapat menyebutkan dengan tepat akan memperoleh hadiah yang telah disiapkan.

Masyarakat dapat mengikuti lomba ini dengan mengirimkan jawabannya ke laman resmi yang akan disiapkan dalam satu bagian di alamat https://hutri75.kemenparekraf.go.id.

"Dikirimkan ke website hutri75.kemenparekraf.go.id. Lima pemenang pertama yang menyebutkan dengan tepat itu yang akan diberikan hadiah. Hadiahnya masih rahasia dulu ya," kata Sekretaris Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Ni Wayan Giri Adnyani.

Selain lomba menebah busana adat Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi, pemerintah juga mengadakan lomba video "Cinta Indonesia" dengan total hadiah Rp1 miliar untuk 6 orang pemenang terpilih.

Baca juga: Masyarakat Gumas diajak kibarkan bendera merah putih mulai 1 Agustus

Video tersebut harus memiliki unsur "Cinta Tanah Air" dan memperlihatkan bendera Merah Putih serta sikap berdiri tegap sempurna saat lagu Indonesia Raya dikumandangkan serentak pada pukul 10.17 WIB, tanggal 17 Agustus 2020. Peserta juga harus memperhatikan protokol kesehatan.

Seluruh persyaratan dan ketentuan lomba dapat dilihat di laman https://hutri75.kemenparekraf.go.id/

Upacara peringatan HUT RI ke-75 tahun ini pun berbeda dari peringatan sebelumnya.

Pengukuhan Paskibraka tahun ini hanya akan diikuti oleh 8 orang Paskibraka yang telah terpilih pada tahun lalu. Pengibar bendera dari Paskribraka hanya 3 orang sedangkan pasukan terdiri dari perwakilan masing-masing matra itu hanya ada 5 orang.

Namun, pemerintah meminta seluruh masyarakat mengambil sikap sempurna dan berdiri tegap saat Indonesia Raya dikumandangkan pada pukul 10.17 WIB.

Hal itu mengacu pada pengibaran bendera Merah Putih di Istana Merdeka. Sebagai pertanda, seluruh pemda juga akan membunyikan sirine pada waktu yang sama.

Baca juga: Inpres terkait sanksi pelanggar protokol kesehatan diterbitkan

Baca juga: Jokowi tandatangani PP perlindungan WNI korban pelanggaran HAM

Baca juga: Jokowi dan Ibu dipastikan negatif COVID-19

Baca juga: Jokowi jalani tes kesehatan termasuk swab sebagai jadwal rutin

Pewarta :
Uploader : Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar