BPJAMSOSTEK Palangka Raya minta pengusaha sukseskan program subsidi gaji

id royyan huda, bpjamsostek,bpjs ketenagakerjaan,palangka raya,BPJAMSOSTEK Palangka Raya minta pengusaha sukseskan program subsidi gaji

BPJAMSOSTEK Palangka Raya minta pengusaha sukseskan program subsidi gaji

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Palangka Raya, Royyan Huda (ANTARA/HO)

Palangka Raya (ANTARA) - Kepala BPJS Ketenagakerjaan(BPJAMSOSTEK) Cabang Palangka Raya Royyan Huda meminta para pengusaha dapat menyukseskan program pemerintah terkait bantuan subsidi gaji kepada para peserta.

"Kami minta pemberi kerja atau perusahaan dan tenaga kerja ikut proaktif menyampaikan data nomor rekening dimaksud sesuai skema dan kriteria pemerintah yang digunakan sebagai basis data program subsidi gaji," kata Royyan di Palangka Raya, Sabtu.

Dia menerangkan saat ini pemerintah sedang melakukan finalisasi skema dan kriteria Bantuan Subsidi Gaji yang didasarkan data kepesertaan dari BPJAMSOSTEK dan lembaga lainnya.

Royyan menambahkan bahwa saat ini pihaknya bersama jajaran BPJSMSOSTEK se-Indonesia juga tengah mengumpulkan data nomor rekening peserta yang memenuhi kriteria penerima program subsidi gaji bagi para pekerja peserta aktif jaminan sosial ketenagakerjaan.

"Jadi, data yang nantinya disampaikan BPJAMSOSTEK kepada pemerintah merupakan data peserta aktif dengan upah di bawah Rp5 juta, berdasarkan upah pekerja yang dilaporkan dan tercatat di BPJAMSOSTEK," katanya.

Dia menambahkan bahwa bantuan subsidi gaji ini merupakan salah satu nilai tambah terdaftar sebagai peserta aktif BPJAMSOSTEK. Selain mendapatkan perlindungan dari risiko kerja dalam bentuk Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Pensiun (JP), dan Jaminan Kematian (JKm).

Saat ini BPJAMSOSTEK Cabang Palangka Raya menerapkan Layanan Tanpa Kontak Fisik (Lapak Asik) sebagai upaya meminimalkan potensi paparan COVID-19.

Layanan Lapak Asik ini dalam rangka menyesuaikan kondisi layanan di era adaptasi kebiasaan baru. Pemberlakuan Lapak Asik tersebut juga sejalan dengan pelayanan yang dilakukan di seluruh kantor Cabang BPJAMSOSTEK di seluruh Indonesia.

Program Lapak Asik ini merupakan layanan tanpa kontak fisik dan "one to many" yang artinya satu petugas melayani empat sampai enam peserta BPJAMSOSTEK. Ini menjadi bagian dari inovasi dan penerapan protokol kesehatan dalam mencegah penularan COVID-19.

Pewarta :
Uploader : Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar