Pemkab Pulang Pisau Salurkan 3.101 BST masyarakat terdampak COVID-19

id Pemkab Pulang Pisau Salurkan 3.101 BST masyarakat terdampak COVID-19, pulang pisau, pandemi

Pemkab Pulang Pisau Salurkan 3.101 BST masyarakat terdampak COVID-19

Bupati Pulang Pisau Edy Pratowo menandatangani kerjasama penyaluran BST yang bersumber dari APBD kabupaten bersama Kepala Bank Kalteng Ardiansyah. ANTARA/Adi Waskito 

Pulang Pisau  (ANTARA) - Bupati Pulang Pisau Kalimantan Tengah Edy Pratowo mengatakan pemerintah setempat mulai mengalokasikan sebanyak 3.101 keluarga penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) yang terdampak pandemi COVID-19.

“Bantuan ini diharapkan bisa meringankan beban masyarakat yang sebelum terimbas ekonomi akibat pandemi COVID-19,” kata Edy Pratowo, Kamis sore. 

Dikatakan Edy Pratowo, BST ini merupakan bantuan sosial yang dialokasikan dari APBD Kabupaten Pulang Pisau dengan anggaran mencapai Rp1,55 miliar. Bantuan diberikan sebesar Rp500 ribu dan disalurkan melalui Bank Kalteng untuk masing-masing keluarga yang sebelumnya telah dilakukan pendataan oleh Dinas Sosial setempat kepada yang belum pernah mendapatkan bantuan apapun selama pandemi COVID-19. 

Edy Pratowo mengimbau semua elemen masyarakat jangan pernah lengah dan jangan pernah lelah untuk selalu menerapkan protokol kesehatan, karena melalui cara inilah yang paling mudah dan murah untuk dilakukan. 

Untuk penanganan dan pemulihan ekonomi, Satuan Tugas Penanganan COVID-19 sedang menyusun rencana pemulihan ekonomi di Kabupaten Pulang Pisau, termasuk dalam mempersiapkan anggaran untuk melaksanakan berbagai aksi. 

“Pemerintah setempat berharap bantuan langsung tunai ini bisa tersalurkan dengan baik sehingga dapat meringankan beban ekonomi masyarakat,” ucap Kepala Bank Kalteng Cabang Pulang Pisau Ardiansyah.

Dia mengucapkan terima kasih karena pemerintah setempat telah mempercayakan Bank Kalteng sebagai penyalur BST yang dalam pelaksanaannya selalu berkoordinasi dengan Dinas Sosial. 

Ardiansyah mengungkapkan kesiapan Bank Kalteng sebagai penyalur bantuan sosial dari APBD setempat sama seperti yang dilakukan pada saat penyaluran BST Provinsi Kalimantan Tengah sebelumnya yang dilaksanakan di halaman kantor Bank Kalteng dengan menggunakan protokol kesehatan ketat. 

Untuk masyarakat yang berada di kecamatan, terang Ardiansyah, Bank kalteng menyalurkan lewat surat kuasa atau melalui perwakilan yang dipercaya. 

Kepala Dinas Sosial Eknamesi Tawun mengungkapkan bahwa penyaluran BST yang bersumber dari APBD kabupaten setempat ini sesuai jadwal yang telah ditentukan. Bantuan sebesar Rp500 ribu diberikan untuk satu kali penyaluran yang dimulai 18-27 Agustus 2020. 

“Mekanisme peyaluran bantuan sama dengan penyaluran BST Pemerintah Provinsi Kalteng. Penerima bantuan sebelumnya juga diusulkan pemerintah desa/kelurahan,” demikian Eknamesi. 

Baca juga: Bulog pastikan stok beras di Kapuas aman hingga akhir tahun

Baca juga: Antisipasi serangan hama dan penyakit di kawasan 'food estate'

Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar