Bupati Lamandau ajak warganya gemar tanam pohon

id Lamandau,Kabupaten Lamandau,Gemar Menanam,Ketahanan Pangan,Kalimantan Tengah,Hendra Lesmana,Bupati Lamandau

Bupati Lamandau ajak warganya gemar tanam pohon

Bupati Lamandau Hendra Lesmana (kanan), ketika menyerahkan secara simbolis bibit tanaman buah-buahan kepada salah satu masyarakat di Kecamatan Bulik, beberapa waktu lalu. (Foto ANTARA/HO-Kominfo)

Kami mengharapkan agar masing-masing kita dapat menggalakkan menanam pohon minimal di lingkungan rumah masing-masing, tujuannya tidak lain untuk menjaga lingkungan,
Nanga Bulik (ANTARA) - Bupati Lamandau Hendra Lesmana mengajak seluruh warga di daerah tersebut untuk gemar menanam pohon guna menjaga dan meningkatkan kualitas lingkungan.

“Kami mengharapkan agar masing-masing kita dapat menggalakkan menanam pohon minimal di lingkungan rumah masing-masing, tujuannya tidak lain untuk menjaga lingkungan,” katanya, di Nanga Bulik, Jumat.

Beberapa waktu lalu, dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Ke-75 Republik Indonesia, Pemerintah Kabupaten Lamandau juga menyerahkan bantuan bibit tanaman buah-buahan.

Bibit yang bersumber dari Balai pengelolaan daerah aliran sungai dan hutan lindung (BPDASHL) Kahayan dengan total ribuan bibit.

Ia mengharapkan, bibit tersebut dapat dipelihara dengan baik dan menjadi pohon yang menghasilkan buah bagus. Ketika panen buahnya selain dapat dikonsumsi oleh pribadi juga dapat dijual.

“Dimasa pandemic Covid-19 ini, kita harus bersahabat dengan alam, dimana tanaman juga merupakan salah satu penunjang ketahanan pangan bagi masyarakat,” ujarnya.

Selain itu, menanam pohon berarti juga sedang melakukan pencegahan terhadap kerusakkan lingkungan. Harapannya adalah tanaman yang tumbuh dengan baik dapat menanggulangi lahan kritis, , sekaligus berfungsi sebagai penyerap emisi karbon.

Kegiatan penyerahan bibit buah-buahan tersebut dilaksanakan di halaman Kantor Kecamatan Bulik turut dihadiri olwh wakil Bupati Lamandau Riko Porwanto, Ketua DPRD Lamandau, Kapolres Lamandau.

Kemudian dihadiri juga oleh perwakilan Dandim 1017 Lamandau, Kajari Lamandau, Kadis Perhubungan sekaligus mantan Camat Bulik, Camat Sematu Jaya dan Plt Camat Bulik.

Kantor Kecamatan Bulik terpilih dalam melaksanakan kegiatan tersebut karena bertepatan juga dengan hari ulang tahunnya yang ke-81.

Oleh sebab itu, Bupati berpesan kepada seluruh jajaran pemerintahan yang hadir untuk terus dapat memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, dan bekerja keras agar mampu meningkatkan perekonomian daerah.