DPRD Seruyan minta perbaikan dan peningkatan jalan yang terdampak banjir

id Wakil Ketua DPRD Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, Bambang Yantoko,Kabupaten Seruyan,Seruyan,DPRD Kabupaten Seruyan,DPRD Seruyan

DPRD Seruyan minta perbaikan dan peningkatan jalan yang terdampak banjir

Wakil Ketua I DPRD Seruyan Bambang Yantoko di Kuala Pembuang, baru-baru ini.ANTARA/Radianor

Kuala Pembuang, Seruyan (ANTARA) - Wakil Ketua DPRD Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, Bambang Yantoko mengingatkan sekaligus meminta kepada instansi terkait, terutama Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) setempat, untuk melakukan perbaikan dan peningkatan serta cara mengatasi terdampak yang di sebabkan banjir tahunan.

"Apabila terjadi banjir tahunan di daerah pemilihan II, ada sejumlah jalan yang tergenang oleh banjir dan ada beberapa desa yang terisolasi," kata Bambang di Kuala Pembuang, Rabu.

Dikatakan, selain jalan desa ada juga jalan kabupaten yang tergenang air dan tidak bisa dilewati terutama jalan yang menghubungkan kecamatan Danau Seluluk menuju Seruyan Tengah dan Seruyan Raya tepatnya sekitar jembatan jalan AMD desa terawan yang tergenang banjir mencapai 1 meter lebih.

Kemudian jalan dari Pembuang Hulu menuju desa Behaur di sungai Sebulu tergenang banjir mencapai 1 meter dan masyarakat terpaksa melewati jalan tersebut menggunakan rakit. Ia berharap Pemkab Seruyan perlu melakukan penanganan-penanganan yang sangat serius dengan melakukan perbaikan maupun peningkatan sehingga perekonomian masyarakat dapat berjalan lancar.

Baca juga: DPRD dorong pengembangan destinasi wisata Seruyan

"Saya harap Pemkab Seruyan bisa mengkaji dengan benar akibat banjir tersebut sehingga dapat diantisipasi, berdasarkan dari hasil pantauan kami memang terjadinya banjir itu karena intensitas hujan yang cukup tinggi sehingga menyebabkan debit air meningkat dan sampai ke jalan raya," harap Bambang.

Selain itu, akibat banjir itu sampai ke jalan karena drainase jalan yang tidak berfungsi, karena bangunannya dinilai kurang maksimal sebab drainase itu tidak terlalu dalam dan tidak tinggi bahkan lebih rendah dari jalan bahkan bangunannya hanya di satu sisi jalan.

"Kami berharap drainase itu dibangun setidaknya lebih tinggi dari jalan, agar jalan tersebut tidak tergenang air dan kita harap juga agar melakukan pembangunan drainase di dua sisi jalan, sehingga dapat berfungsi dengan baik," demikian Bambang.

Baca juga: Bupati Seruyan lantik 28 pejabat struktural dan Pj Kades di Pelabuhan

Baca juga: Wabup harapkan PD-BKMT Seruyan bentengi akidah dan akhlak masyarakat

Baca juga: Legislator harapkan Pemkab Seruyan sediakan penyuluh perikanan andal