Seluruh eleman di Kobar siap sukseskan Pilkada Kalteng tahun 2020

id Bupati Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, Nurhidayah,pilkada kalteng,pilkada,Kabupaten Kotawaringin Barat,Kobar,Bupati Kobar

Seluruh eleman di Kobar siap sukseskan Pilkada Kalteng tahun 2020

Bupati Kotawaringin Barat Hj Nurhidayah saat mengikuti rapat koordinasi pengamanan Pilkada Serentak tahun 2020 di aula Polres Kobar, baru-baru ini. (ANTARA/Humas Pemkab Kobar)

Pangkalan Bun (ANTARA) - Bupati Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, Nurhidayah menyatakan bahwa seluruh elemen yang ada di kabupaten setempar telah berkomitmen dan mempersiapkan berbagai hal dalam mendukung serta mensukseskan pemilihan kepala daerah Kalteng tahun 2020.

"Bentuk kesiapan yang telah dilakukan adalah melaksanakan rapat koordinasi dengan berbagai pihak sekaligus memantapkan pengamanan saat pelaksanaan Pilkada Kalteng 2020," kata Nurhidayah di Pangkalan Bun, Kamis.

Dia mengatakan rapat koordinasi yang dilaksanakan baru-baru itu memiliki makna strategis sebagai bentuk kesiapan seluruh pemangku kepentingan dalam menghadapi pengamanan Pemilihan Kepala Daerah secara serentak tahun 2020.

"Seperti kita ketahui Provinsi Kalteng akan melaksanakan pesta demokrasi pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur. Untuk itu, semua pihak, termasuk di Kabupaten Kobar harus mendukung  suksesnya pelaksanaan tersebut," kata Nurhidayah.

Sementara itu, untuk memastikan kesiapan Pilkada tahun 2020, Kapolres Kobar AKBP Andi Kirana melakukan pengecekan ke Sekretariat Komisi Pemilihan Umum (KPU) maupun Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) setempat. Pengecekan itu untuk memastikan kesiapan pengamanan maupun kesiapan logistik, sebagai bagian dari upaya untuk mensukseskan pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

"Pelaksanaan Pilkada tahun 2020 akan berlangsung beberapa bulan lagi, kita tidak ingin pelaksanaan Pilkada tersebut terjadi masalah, untuk itu kita lakukan pengecekan kesiapan di KPU dan Bawaslu," ujarnya.

Baca juga: Sukses bina BUMD, Bupati Kobar terima penghargaan

Perwira berpangkat AKBP ini juga mengajak kepada seluruh Komisioner KPU dan staf untuk tetap menjaga netralitas dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai penyelenggara pemilu, sehingga menghasilkan pemimpin yang berkualitas berdasarkan pilihan masyarakat.

"Kami juga tetap mengedepankan netralitas dalam menjalankan tugas, untuk itu ia mengajak untuk bersama mengawal pesta demokrasi sehingga Kabupaten Kobar terwujud pilkada aman dan kondusif," kata Andi.

Pada kunjungannya dihadapan para Komisioner KPU dan Ketua Bawaslu, Kapolres siap memberi jaminan keamanan di wilayahnya dalam pelaksanaan Pilgub yang serentak digelar Desember 2020 mendatang.

"Keamanan adalah tanggung jawab kami, dalam pengamanan kami siap all out,dan berharap sinergitas semua elemen dalam menjaga kondusifitas ini," demikian Andi.

Baca juga: Pemkab Kobar luncurkan program inovasi pembiayaan infrastruktur jalan

Baca juga: Satpol PP Kobar siap beri sanksi pelanggar Protokol kesehatan COVID-19