UM Palangka Raya fasilitasi pendirian Universitas Muhammadiyah Katingan

id UM Palangkaraya, Sonedi,Katingan, Sunardi NT Litang,UM Palangka Raya fasilitasi pendirian Universitas Muhammadiyah Katingan

UM Palangka Raya fasilitasi pendirian Universitas Muhammadiyah Katingan

Rombongan utusan Rektor UMP dipimpin Dekan FKIP Hendri, MPd usai bertemu Wabup Katingan Sunardi (empat kiri). (ANTARA/HO-UMP)

Palangka Raya (ANTARA) - Rektor Universitas Muhammadiyah Palangkaraya Dr.H.Sonedi,M.Pd menyatakan kesiapan untuk memfasilitasi pendirian perguruan tinggi di setiap kabupaten di Provinsi Kalimantan Tengah.

"Hal ini guna percepatan pemenuhan kebutuhan sumber daya manusia berkualitas di Provinsi Kalimantan Tengah, termasuk pengembangan kampus di bawah Persyarikatan Muhammadiyah," kata Sonedi kepada Antara di Palangka Raya, Senin.

Sonedi mengatakan, upaya itu salah satunya dilakukan dengan melaksanakan pertemuan secara langsung dengan pemerintah daerah yang menjadi sasaran program seperti di wilayah Kabupaten Katingan beberapa waktu lalu.

Baca juga: FIK UMP gandeng ormas pemuda untuk tanggulangi COVID-19

Dekan FKIP UMP Hendri,M.Pd menambahkan pihaknya bersama rombongan utusan Rektor UMP secara khusus sudah melakukan pertemuan dengan Pemerintah Kabupaten Katingan dan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Katingan guna membahas langkah persiapan pendirian Universitas Muhammadiyah Katingan.

Dekan FKIP UMP Hendri mengatakan,bahwa untuk pendirian Universitas Muhammadiyah Katingan dari aspek persyaratan ketersediaan sarana dan prasarana sudah sangat memadai dan tinggal alih pengelolaan dari aset Universitas Muhammadiyah Palangkaraya yang ada di Kasongan.

“Untuk memenuhi persyarakan sebagaimana regulasi pendirian sebuah perguruan tinggi, untuk mewujudkan Universitas Muhammadiyah Katingan sudah signifikan ditambah rekomendasi Pemkab dan berbagai aspek yang perlu masuk dalam naskah akademik sebagai pertimbangan penerbitan ijin pendirian dan operasional dari Kemdikbud,” ucap Hendri yang belum sebulan menjabat sebagai Dekan FKIP.

Baca juga: UM Palangka Raya terus menguatkan SDM berkualitasdi Kalteng

Rombongan utusan Rektor UMP yang bertemu Wabup Katingan yaitu Ketua Hendri, HM Yusuf, Noor Asiah, Alfani, Agung Riadin dan Novianto Eko Wibowo.

Pada pertemuan dengan Wakil Bupati Katingan Sunardi NT Litang dan Ketua PDM Katingan Edi Rahmat Sosiawan di Kasongan yang dihadiri Dekan FISIPOL UMP Dr.HM.Yusuf itu dibahas sejumlah langkah persiapan dari para pihak yaitu PDM Katingan sebagai pengusul, Pemkab Katingan sebagai pendukung utama dan UMP sebagai fasilitator secara teknis pengelolaan perguruan tinggi.

Wabup Katingan Sunardi menyambut gembira Kebijakan Rektor UMP tentang pendirian perguruan tinggi di seluruh kabupaten se-Kalteng, dan khusus pendirian Universitas Muhammadiyah Katingan merupakan kebutuhan dan sejalan program daerah dalam penyediaan dan pengembangan sumber daya manusia yang update dengan kemajuan.

Wabup Katingan juga menyebutkan bahwa untuk kebutuhan lahan Universitas Muhammadiyah Katingan sudah tersedia sekitar 12 hektare di lokasi strategis kawasan perkantoran Pemkab Katingan.

Sementara untuk kondisi terkini yang mana memasuki masa pemilihan kepala daerah dan pandemi COVID-19, dia mengingatkan masyarakat untuk selalu menerapkan protokol kesehatan COVID-19 setiap beraktifitas terutama saat mengikuti tahapan pesta demokrasi yang diikuti atau dihadiri banyak orang.

Baca juga: UM Palangkaraya ditetapkan sebagai kampus terbaik di Kalteng

Baca juga: UM Palangkaraya dan BI Kalteng kerjasama edukasi kebanksentralan

Baca juga: PTI UM Palangka Raya ikuti visitasi akreditasi daring karena COVID-19

Pewarta :
Uploader : Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar