Tes kesehatan pasangan bakal calon Pilkada Kalteng dilaksanakan Selasa

id kpu kalteng,pilkada 2020,Tes kesehatan pasangan bakal calon Pilkada Kalteng dilaksanakan Selasa,sugianto,ben brahim

Tes kesehatan pasangan bakal calon Pilkada Kalteng dilaksanakan Selasa

Ketua KPU Kalteng, Harmain Ibrohim (ANTARA/Rendhik Andika)

Palangka Raya (ANTARA) - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Tengah, Harmain Ibrohim mengatakan tes kesehatan pasangan bakal calon kepala daerah yang telah mendaftarkan diri ke KPU Kalteng dilaksanakan Selasa.

"Tahapan pendaftaran dua pasangan bakal calon telah usai. Selanjutnya paslon akan mengikuti tes kesehatan yang dijadwalkan pada 8-10 atau Selasa-Kamis," kata Harmain di Palangka Raya, Senin.

Dia mengatakan pelaksanaan tes kesehatan para pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah dipusatkan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Doris Sylanus Palangka Raya.

Pemeriksaan kesehatan dua pasangan bakal calon itu diantaranya seperti pemeriksaan fisik meliputi ultrasonografi (USG) dan pengambilan darah.

Baca juga: Ini larangan yang membuat bakal calon peserta Pilkada Kotim tertawa

Kemudian tes psikologi meliputi wawancara psikiatri hingga tes tulis MMPI (tes psikologi yang digunakan untuk proses diagnosa gangguan jiwa oleh psikiater, seperti gangguan antisosial, seksual dan jenis kejiwaan lainnya).

Kemudian pasangan bakal calon juga harus menjalani tes bebas narkoba yang dipandu langsung oleh tim dari Badan Narkotika Nasional (BNN). Tes kesehatan ini dilaksanakan bersamaan oleh pasangan bakal calon.

Hasil tes kesehatan dua pasangan bakal calon yang akan maju di bursa pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah 2020 itu oleh tim yang bertugas selanjutnya diserahkan ke KPU Kalteng.

Sementara itu dua pasangan bakal calon yang telah mendaftar di KPU Kalteng yakni pasangan Ben Brahim-Ujang Iskandar dan kedua pasangan Sugianto Sabran-Edy Pratowo.

Baca juga: Pilkada 2020 Kalteng diikuti dua bakal pasang calon

Pasa tahap pendaftaran kedua pasangan bakal calon Kepala Daerah di Provinsi Kalteng juga telah membawa berkas berupa hasil tes swab dengan hasil negatif.

Pasangan Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Ben-Ujang diusung tiga partai politik yakni Demokrat, Gerindra dan Hanura dengan perolehan kursi di DPRD Kalteng sebanyak 12 kursi. Pasangan ini mendaftar di KPU Kalteng di hari Sabtu (5/9) siang.

Sementara Pasangan Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto-Edy diusung delapan partai politik yakni PDI Perjuangan, Golkar, Nasdem, PPP, PKB, Perindo, PKS dan PAN dengan dengan perolehan kursi di DPRD Kalteng sebanyak 33 kursi. Pasangan ini mendaftar di KPU Kalteng pada hari Minggu (6/9) malam.

"Semua tahapan yang kami laksanakan selalu melaksanakan protokol kesehatan COVID-19. Hal itu sebagai upaya dan dukungan kami dalam memutus mata rantai penyebaran COVID-19," kata Harmain.

Baca juga: Ketum Partai Emas ikut mendampingi pendaftaran Sugianto-Edy ke KPU Kalteng

Baca juga: Ini alasan Sugianto berjalan kaki di tengah rintihan hujan datang ke KPU Kalteng

Baca juga: Pasangan Ben-Ujang resmi daftar ke KPU Kalteng

Pewarta :
Uploader : Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar