SMA di Gumas lakukan pemilihan Ketua OSIS secara online

id SMA di Gumas ,gunung mas,SMA di Gumas lakukan pemilihan Ketua OSIS secara online,covid 19,dampak corona

SMA di Gumas lakukan pemilihan Ketua OSIS secara online

Suasana serah terima jabatan pengurus OSIS SMAN 1 Kurun, Jumat (15/10/2020). (ANTARA/HO – SMAN 1 Kurun)

Kuala Kurun (ANTARA) - Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kurun, Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah melakukan pemilihan Ketua OSIS periode 2020 - 2021 secara dalam jaringan atau online.

Kepala SMAN 1 Kurun Batuah di Kuala Kurun, Jumat mengatakan bahwa pemilihan Ketua OSIS secara online dilakukan mengingat saat ini sedang terjadi pandemi virus corona atau COVID-19.

“Selama pandemi kegiatan dilakukan secara online, seperti kegiatan belajar mengajar termasuk pemilihan Ketua OSIS,” ucap Batuah yang didampingi Panitia Pemilihan Ketua OSIS SMAN 1 Kurun periode 2020 – 2021 Daniella.

Dia menjelaskan, tahapan Pemilihan Ketua OSIS SMAN 1 Kurun periode 2020 – 2021 dimulai dengan rapat internal antara pengurus OSIS 2019 – 2020. Rapat dilakukan secara online, dengan menggunakan aplikasi zoom.

Baca juga: Polres Gumas berhasil ungkap kasus narkoba di tiga kecamatan

Kemudian dibuka pendaftaran anggota OSIS baru periode 2020 – 2021, pendaftaran calon ketua dan wakil ketua OSIS, seleksi anggota OSIS, dimana seluruh kegiatan dilakukan secara online.

“Ada juga pencabutan nomor urut calon ketua dan wakil. Saat itu ada dua pasangan calon yang mendaftar, dan pencabutan nomor urut dilakukan seperti biasa, namun hanya dibatasi paslon dan seorang panitia,” bebernya.

Dia menyebut, paslon nomor urut 1 adalah Diki Wahyudi dan Yunisa Nasella Evansa. Sedangkan paslon nomor urut 2 adalah Tryoanda Nazaret dan Elin Masya Arlin.

Setelah mendapat nomor urut, ujar dia, masing-masing paslon melakukan kampanye kepada siswa dan siswi di SMAN 1 Kurun, untuk mendapat dukungan. Kampanye pun dilakukan secara online.

Baca juga: KPU Gumas kukuhkan 25 orang relawan demokrasi untuk Pilkada Kalteng

Dia menyebut, usai melakukan kampanye, kedua paslon juga menjalani debat secara online, yang disaksikan live streaming atau langsung melalui akun media sosial SMAN 1 Kurun pada 25 September 2020 lalu.

“Usai debat, ada masa tenang mulai 26 – 30 September 2020. Saat masa tenang, paslon tidak diperkenankan lagi melakukan kampanye,” papar mantan Kepala SMAN 1 Sepang ini.

Pemilihan dilakukan pada 1 Oktober 2020, mulai pukul 10.00 – 22.00 WIB, dengan menggunakan aplikasi Google Form, dan diatur agar pemilih hanya dapat memberi tanggapan atau memilih satu kali saja.

Baca juga: Kesbangpol Gumas akan petakan daerah rawan konflik pilkada

Saat pemilihan, sebanyak 347 siswa SMAN 1 Kurun menggunakan hak pilihnya. Dari 347 siswa, sebanyak 79,3 persen memilih paslon nomor urut 2 sedangkan sisanya memilih paslon nomor urut 1.

Dengan demikian, Tryoanda Nazaret dan Elin Masya Arlin terpilih menjadi Ketua dan Wakil Ketua OSIS SMAN 1 Kurun periode 2020 – 2021. Pengurus OSIS periode 2020 – 2021 dan periode sebelumnya juga telah melakukan serah terima jabatan pada Kamis (15/10) lalu.

“Melalui pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS ini kami ingin mengajarkan kepada siswa agar tidak menyerah di tengah situasi pandemi COVID-19. Kegiatan tetap harus berjalan, dengan menerapkan protokol kesehatan COVID-19,” demikian Batuah.

Baca juga: Legislator Gumas apresiasi penerapan protokol kesehatan oleh penari tradisional

Baca juga: Penari tradisional terapkan protokol kesehatan saat latihan maupun pementasan

Baca juga: Sugianto-Edy targetkan raih 55 persen suara di Gumas

Pewarta :
Uploader : Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar